Choose Store
7 June 2021

Cara Membedakan Cincin Berlian Asli dan Palsu Menggunakan Teknik 4C

Berlian memang menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap wanita. Berlian ini, terutama perhiasan cincin berlian selalu dijadikan sebagai favorit dari setiap wanita. Dengan harganya yang mahal maka membuat berlian sangatlah beresiko jika sembarangan dalam membelinya dan bahkan tidak terpercaya.

Cara Sederhana Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

Berlian yang asli dan yang palsu sangat sulit sekali dibedakan. Namun untuk mengetahui bagaimana cara membedakan cincin berlian asli dan palsu mari kita simak bersama.

Cari Tahu Berlian Asli atau Palsu

Untuk mencari tahu cincin berlian yang asli atau palsu ini adalah hal yang menggoda, kebanyakan bahwa orang akan penasaran dengan batu berlian tersebut. Sehingga banyak yang beralih untuk pergi ke tukang perhiasan yang profesional untuk mendapatkan jawabannya.

Akan tetapi sekarang tidak perlu repot-repot untuk membedakannya antara yang asli dan palsu hanya cukup dengan menggunakan beberapa teknik salah satunya teknik embun, kemudian mengamati dan juga menggunakan kaca pembesar.

Tips Sederhana Membedakan Berlian Asli atau Palsu

Untuk para wanita yang belum bisa membedakan bagaimana cincin berlian yang asli dan yang palsu maka bisa simak tips sederhana berikut ini:

a. Pengujian Dengan Teknik Embun

Pertama letakkan berlian tersebut di depan mulut kemudian hembuskan embun nafas perlahan ke berlian seperti pada saat menghembus ke cermin. Apabila embunnya dapat bertahan selama beberapa waktu maka kemungkinan palsu.

Untuk berlian yang asli akan segera mendispersikan panas yang berasal dari nafas sehingga berlian tersebut tidak mudah untuk berembun. Jika didiamkan setelah menghembuskannya tentunya akan mengering lebih cepat dibanding yang palsu.

Apabila berlian diletakan bersampingan untuk mengetahui yang asli dan palsu kemudian hembuskan keduanya. Lalu nantinya akan melihat berlian yang asli akan tetap kering dan yang palsu akan berembun.

Apabila berlian palsu dihembuskan berkali-kali pun akant erlihat kondensasi dari embunnya akan menjadi air. Di setiap hembusan maka berlian yang palsu tersebut akan berembun terus dan sementara yang asli tetap kering.

b. Letakan Berlian di Koran

Untuk berlian asli maka tidak akan terlihat tulisan yang berbayang di salah satu batu berlian. Hal ini karena berlian yang asli mempunyai sisi pada bagian di dalam yang kompleks. Dengan demikian cahayanya tidak akan dapat membuat bayangan di batu berlian tersebut.

c. Menguji Berlian Menggunakan Kaca Pembesar

Berlian yang ditambang itu biasanya mempunyai cacat kecil secara alami, di mana dilihat dengan lup. Carilah serpihan kecil dari mineral atau pada perubahan warnanya yang sangatlah halus. Bisa gunakan kaca pembesar yang dapat dipinjam di toko-toko perhiasan.

d. Perhatikan Sisi Berlian

Berlian yang asli pasti dapat memperlihatkan kilauan yang berkilau mempesona dari semua sisinya. Untuk berlian yang palsu sering kali mereka design hanya untuk memberikan kilauan di bagian atas, akan tetapi kurang berkilau pada sisi yang lainnya.

e. Perbandingan Berat Berlian

Apabila sebuah batu berlian lebih berat maka bisa jadi berlian tersebut merupakan berlian yang palsu. Di mana berlian tersebut terbuat dari batu yang lain yaitu batu Cubic Zirconia. Batu Cubic Zirconia berasal dari Austria. Memang memiliki kilau batu yang mirip seperti berlian.

Dengan demikian akan terlihat bahwa berlian tersebut asli atau palau meskipun cacat. Maka sebaiknya tidak jadikan kecacatan tersebut sebagai kriteria yang utama dalam menentukan keaslian dari berlian tersebut. Ini dapat dilakukan pengujian sebelum menggunakan alat mikroskop.

Teliti Dalam Membeli Berlian Asli

Pada saat membeli perhiasan cincin berlian maka perlu memilihnya dengan seksama supaya tidak tertipu serta ketika membeli tidak sebanding kualitasnya dengan harga dan uang yang dikeluarkan.

Hal tersebut karena kualitas sebuah perhiasan berlian ini asli atau tidak dapat ditentukan dengan sembarangan. Maka untuk menentukannya harus berdasarkan dengan 4C.

Mengetahui Kualitas Berlian dengan Faktor 4C

Lantas apa yang dimaksud faktor 4C. 4C ini merupakan sebuah kriteria yang dimiliki dari berlian di mana dapat menentukan apakah sebuah perhiasan berlian ini memiliki kualitas yang tinggi maupun tidak.

Faktor 4C dan Penjelasannya

Faktor 4C ini terdiri dari clarity, cut, color, serta carat . Berikut ini penjelasannya mengenai faktor 4C tersebut sebelum membeli perhiasan berlian.

1. Clarity

Clarity yang berarti kejernihan di sini yang dimaksud adalah kejernihan dari sebuah perhiasan berlian ini asli yang ditentukan dengan ada maupun tidaknya cacat dari berlian tersebut.

Di samping itu bahwa berlian ini juga bebas dari adanya noda ataupun goresan. Di mana semakin banyak terdapat cacat dari berlian ini maka kemilaunya pun akan makin redup. Maka semakin jernih sebuah berlian tentunya harganya pun akan semakin mahal.

Untuk tingkat kejernihannya sendiri bisa dihitung dengan beberapa skala seperti flawless dan internal flawless , VS1 dan VS2, VVS1 dan VVS2. Di mana skala kejernihan dari berlian ini dapat ditentukan dari GIA atau The Gemological Institute of America, yaitu institusi di Amerika yang sudah diakui untuk penentu kualitas sebuah berlian.

2. Cut

Cut atau potongan dari berlian yang akan menentukan pantulan dari sinar pada berlian tersebut. Berlian ini memiliki potongan yang terbaik dan juga proporsional yang akan menghasilkan kilap kemilau dan kilau cahaya.

Potongan dari berlian ini dapat dilihat dari bagian atas berlian seperti kotak, bundar, oval dan lainnya. GIA ini menentukan dari skala potongan dari berlian yakni good, fair, ideal, very good dan signature ideal.

Di mana potongan yang tidak tepat ini yang akan membuat berlian tidak cemerlang dan tidak kusam. Ketika semakin bagus potongan berlian tentunya harganya pun akan semakin tinggi.

3. Color

Pada saat membeli berlian atau cincin berlian yang perlu dilihat adalah warna dari berlian tersebut di mana berlian ini tidak berwarna dan memiliki kualitas yang terbaik.

Untuk warna dari berlian ini dapat muncul dikarenakan alasan-alasan tertentu seperti adanya tekanan tinggi, radiasi, suhu tinggi dan lain sebagainya. Warna dari berlian ini sangat bervariasi seperti putih sampai kuning.

GIA dapat menentukan warna dari berlian ini berdasarkan dengan skala D-Z, untuk skala D ini mempunyai warna yang terbaik yakni bening dan Z sangat buruk untuk warna kekuningan sampai kecoklatan. Di mana level ini yang mempengaruhi harga dari sebuah berlian.

4. Carat

Carat atau Karat merupakan berat dari sebuah berlian yang ditentukan dengan besaran karatnya. Meskipun karat sebuah berlian ini sangat besar maka belum tentu memiliki kualitas yang bagus sebab dipengaruhi dari 3C yang lainnya. Untuk 1 karat sama dengan 200 gr.

Cincin Berlian ini sebaiknya dibeli untuk berat kelipatan 0.25 gr sebab akan sangat mempengaruhi tingkat harganya. Ukuran dari karatnya dimulai dari karat 0.1-1.0 yang mana semakin besar dari karatnya tersebut maka harga dari berliannya akan makin mahal juga.

Faktor-faktor di atas yang disebut 4C sangatlah membantu dalam menentukan kualitas dan juga harga dari berlian tersebut. Maka dari itu pertimbangkan dengan matang ketika akan memutuskan melakukan pembelian.

TAGS

New Stories

Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda
15 September 2021 Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda Apa arti inisial nama Anda? Cari tahu sebelum memilih kalung nama emas yang sesuai. Read More read more arrow
Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat
15 September 2021 Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat Berikan makna lebih ke kado spesial untuk sahabat. Pilih perhiasan yang bisa memberikan semangat. Read More read more arrow
Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya
15 September 2021 Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Read More read more arrow