Choose Store

Cara Membedakan Cincin Berlian Asli dan Palsu Menggunakan Teknik 4C

7 June 2021 |

Berlian memang menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap wanita. Berlian ini, terutama perhiasan cincin berlian selalu dijadikan sebagai favorit dari setiap wanita. Dengan harganya yang mahal maka membuat berlian sangatlah beresiko jika sembarangan dalam membelinya dan bahkan tidak terpercaya.

Cara Sederhana Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

Berlian yang asli dan yang palsu sangat sulit sekali dibedakan. Namun untuk mengetahui bagaimana cara membedakan cincin berlian asli dan palsu mari kita simak bersama.

Cari Tahu Berlian Asli atau Palsu

Untuk mencari tahu cincin berlian yang asli atau palsu ini adalah hal yang menggoda, kebanyakan bahwa orang akan penasaran dengan batu berlian tersebut. Sehingga banyak yang beralih untuk pergi ke tukang perhiasan yang profesional untuk mendapatkan jawabannya.

Akan tetapi sekarang tidak perlu repot-repot untuk membedakannya antara yang asli dan palsu hanya cukup dengan menggunakan beberapa teknik salah satunya teknik embun, kemudian mengamati dan juga menggunakan kaca pembesar.

Teliti Dalam Membeli Berlian Asli

Pada saat membeli perhiasan cincin berlian maka perlu memilihnya dengan seksama supaya tidak tertipu serta ketika membeli tidak sebanding kualitasnya dengan harga dan uang yang dikeluarkan.

Hal tersebut karena kualitas sebuah perhiasan berlian ini asli atau tidak dapat ditentukan dengan sembarangan. Maka untuk menentukannya harus berdasarkan dengan 4C.

Mengetahui Kualitas Berlian dengan Faktor 4C

Lantas apa yang dimaksud faktor 4C. 4C ini merupakan sebuah kriteria yang dimiliki dari berlian di mana dapat menentukan apakah sebuah perhiasan berlian ini memiliki kualitas yang tinggi maupun tidak.

Faktor 4C dan Penjelasannya

Faktor 4C ini terdiri dari clarity, cut, color, serta carat . Berikut ini penjelasannya mengenai faktor 4C tersebut sebelum membeli perhiasan berlian.

1. Clarity

Clarity yang berarti kejernihan di sini yang dimaksud adalah kejernihan dari sebuah perhiasan berlian ini asli yang ditentukan dengan ada maupun tidaknya cacat dari berlian tersebut.

Di samping itu bahwa berlian ini juga bebas dari adanya noda ataupun goresan. Di mana semakin banyak terdapat cacat dari berlian ini maka kemilaunya pun akan makin redup. Maka semakin jernih sebuah berlian tentunya harganya pun akan semakin mahal.

Untuk tingkat kejernihannya sendiri bisa dihitung dengan beberapa skala seperti flawless dan internal flawless , VS1 dan VS2, VVS1 dan VVS2. Di mana skala kejernihan dari berlian ini dapat ditentukan dari GIA atau The Gemological Institute of America, yaitu institusi di Amerika yang sudah diakui untuk penentu kualitas sebuah berlian.

2. Cut

Cut atau potongan dari berlian yang akan menentukan pantulan dari sinar pada berlian tersebut. Berlian ini memiliki potongan yang terbaik dan juga proporsional yang akan menghasilkan kilap kemilau dan kilau cahaya.

Potongan dari berlian ini dapat dilihat dari bagian atas berlian seperti kotak, bundar, oval dan lainnya. GIA ini menentukan dari skala potongan dari berlian yakni good, fair, ideal, very good dan signature ideal.

Di mana potongan yang tidak tepat ini yang akan membuat berlian tidak cemerlang dan tidak kusam. Ketika semakin bagus potongan berlian tentunya harganya pun akan semakin tinggi.

3. Color

Pada saat membeli berlian atau cincin berlian yang perlu dilihat adalah warna dari berlian tersebut di mana berlian ini tidak berwarna dan memiliki kualitas yang terbaik.

Untuk warna dari berlian ini dapat muncul dikarenakan alasan-alasan tertentu seperti adanya tekanan tinggi, radiasi, suhu tinggi dan lain sebagainya. Warna dari berlian ini sangat bervariasi seperti putih sampai kuning.

GIA dapat menentukan warna dari berlian ini berdasarkan dengan skala D-Z, untuk skala D ini mempunyai warna yang terbaik yakni bening dan Z sangat buruk untuk warna kekuningan sampai kecoklatan. Di mana level ini yang mempengaruhi harga dari sebuah berlian.

4. Carat

Carat atau Karat merupakan berat dari sebuah berlian yang ditentukan dengan besaran karatnya. Meskipun karat sebuah berlian ini sangat besar maka belum tentu memiliki kualitas yang bagus sebab dipengaruhi dari 3C yang lainnya. Untuk 1 karat sama dengan 200 gr.

Cincin Berlian ini sebaiknya dibeli untuk berat kelipatan 0.25 gr sebab akan sangat mempengaruhi tingkat harganya. Ukuran dari karatnya dimulai dari karat 0.1-1.0 yang mana semakin besar dari karatnya tersebut maka harga dari berliannya akan makin mahal juga.

Faktor-faktor di atas yang disebut 4C sangatlah membantu dalam menentukan kualitas dan juga harga dari berlian tersebut. Maka dari itu pertimbangkan dengan matang ketika akan memutuskan melakukan pembelian.

TAGS

New Stories

4 Fashion Item untuk Tampil Stylish  Setiap Hari
18 August 2022 4 Fashion Item untuk Tampil Stylish Setiap Hari Fashion item berikut, salah satunya adalah Frank & co’s TinyTAN Special Collection, akan membuat An… Read More read more arrow
Luncurkan Video Campaign Terbaru Bertema #NyatakanDenganFranknco, Frank & co. Ajak Masyarakat
18 August 2022 Luncurkan Video Campaign Terbaru Bertema #NyatakanDenganFranknco, Frank & co. Ajak Masyarakat Luncurkan Video Campaign Terbaru Bertema #NyatakanDenganFranknco, Frank & co. Ajak Masyarakat untuk… Read More read more arrow
Frank & co. Punya Inspirasi Hadiah Super Unik yang Bisa Hangatkan Hati Wanita
18 August 2022 Frank & co. Punya Inspirasi Hadiah Super Unik yang Bisa Hangatkan Hati Wanita Brand perhiasan Frank & co. memiliki inspirasi hadiah super unik yang bisa menghangatkan hati para … Read More read more arrow