Choose Store

Serba-serbi Batu Ruby, dari Ketahanan hingga Cara Perawatannya

31 October 2022 |

Ruby merupakan salah satu gemstone dengan keindahan yang tiada tara. Warna merah menyala, ditambah tingkat ketangguhannya yang mumpuni, menjadi keunggulan tersendiri pada jenis precious stone ini.

Semakin menarik lagi, karena batu ruby merupakan gemstone yang mampu mempercantik berbagai desain perhiasan. Bahkan, perhiasan yang bermahkotakan ruby sangat cocok dipadukan dengan berbagai model busana, atau dipersembahkan sebagai hadiah sarat makna bagi orang terkasih.

Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang salah satu gemstone terindah di dunia ini? Yuk, simak informasi berikut ini!

Hal-hal Penting Tentang Batu Ruby yang Harus Anda Ketahui

Gemological Institute of America mencatat hal-hal penting terkait batu ruby. Antara lain:

Tingkat Kekerasan dan Ketahanannya

Tingkat kekerasan gemstone atau mineral, diukur menggunakan skala Mohs. Skala ini akan menunjukkan ketahanan atau kekuatan anti gores suatu mineral terhadap mineral lainnya. Ruby sendiri termasuk dalam golongan corundum.

Ruby Ladies Ring, Frank & co.

Dalam skala Mohs, corundum memiliki angka 9. Itu artinya gemstone corundum seperti ruby dan sapphire memiliki ketangguhan yang baik dan tak mudah pecah. Keunggulan ini jugalah yang menjadikan ruby sebagai salah satu opsi paling tepat untuk menyempurnakan tampilan perhiasan, seperti cincin berlian wanita, da n exclusive diamond jewellery lainnya.

Stabilitas

Kelompok gemstone corundum terbilang stabil dalam kondisi pemakaian normal. Maksudnya, gemstone tersebut tahan terhadap efek panas, cahaya, dan bahan kimia umum. Tetapi, ruby dan kebanyakan gemstone lain memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap bubuk asam borat yang mampu menggores permukaannya.

Sementara itu, kandungan asam pada air lemon juga dapat mempengaruhi stabilitas pada berbagai gemstone, baik yang melalui proses fracture dan cavity filling (pengisian retakan atau rongga di permukaan gemstone ) atau proses pewarnaan. Namun, hal ini tidak berlaku pada untreated ruby atau batu ruby natural, yang tidak mengalami proses pengolahan.

Cara Membersihkan

Membersihkan perhiasan ruby bisa menggunakan campuran air sabun hangat. Alternatif lainnya adalah pembersih uap atau ultrasonik yang terbilang aman untuk membersihkan untreated gemstone atau yang telah melalui proses pemanasan ( heat-treated gemstone ) dan difusi kikis ( lattice diffusion treated gemstone ). Sementara itu, treated gemstone yang melalui proses fracture filling dan pewarnaan, hanya boleh dibersihkan menggunakan kain lembab lembut.

Pertimbangan Perawatan dan Daya Tahan

Untreated ruby dan heat-treated ruby memiliki daya tahan yang tinggi. Proses perawatannya pun terbilang mudah, seperti yang telah dipaparkan dalam poin sebelumnya.  Namun, pada beberapa gemstone, proses pewarnaan dapat menembus ke bagian dalam secara menyeluruh. Sebagian lagi, penetrasi warna terbilang dangkal.  Bagi gemstone dengan proses pewarnaan dangkal, permukaan yang rusak dan proses pemotongan ulang ( recutting ) berisiko menghilangkan warnanya.

Sekarang ini, tidak sedikit gemstone yang melalui process fracture filling untuk mengisi retakan atau rongga pada permukaannya. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan material kaca timbal atau kristal. Proses pengolahan ini pun diterapkan pada sejumlah batu ruby sehingga mempengaruhi cara perawatannya.

Batu ruby yang melalui proses pengisian memerlukan perawatan lebih besar daripada untreated ruby , heat-treated ruby , dan lattice diffusion-treated ruby . Pasalnya, ruby dengan campuran kaca timbal atau kristal, rentan terhadap berbagai bahan kimia. Bahkan zat kimia yang relatif ringan seperti yang terkandung dalam air lemon saja, dapat menyebabkan perubahan pada campuran kristal.

Mengenal Serba-serbi Gemstone melalui “Precious Stone Festival”

Ruby Bangle, Imperial Collection, Frank & co.

Penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam memahami seperti apa sih, batu ruby itu. Apalagi, bila Anda berminat mengoleksi berbagai perhiasan berhiaskan batu ruby yang cantik. Sebagai panduan dasar pembersihan dan perawatan, informasi di atas tentunya akan sangat bermanfaat.

Royale Pendant, Royale Collection, Frank & co.

Untuk itulah Central Mega Kencana (CMK) selaku produsen perhiasan ternama, berkualitas, dan terpercaya din Indonesia yang menaungi brand Frank & co., menggalakkan “Precious Stone Festival”. Festival ini bertujuan untuk memberikan edukasi seputar precious stone, sekaligus mengajak Anda untuk #NyatakandenganFranknco di setiap momen berharga bersama orang terkasih, dengan mengenal kembali berbagai exclusive diamond jewellery yang juga dihiasi #PreciousStone indah seperti blue sapphire (safir biru), ruby (rubi), dan emerald (zamrud).

Flamma Collection, Frank & co.

Mulai dari unique diamond pendant berhiaskan batu ruby dengan desain classy , juga anting berlian berkualitas, gelang berlian unik, dan kalung berlian cantik; semuanya tersedia dalam koleksi precious stone dari Frank & co. Menawarkan kualitas terbaik, koleksi perhiasan precious stone ini akan memberikan makna mendalam bagi setiap penggunanya.

Koleksi precious stone dari #Franknco terangkum dalam pilihan perhiasan berlian wanita berikut ini:

Riviera collection; desain perhiasan yang terinspirasi dari tetesan air yang berjatuhan ke sungai, melambangkan cinta, kesucian, kemurnian, harapan, juga awal baru

Imperial collection; menampilkan desain perhiasan klasik, timeless, dan elegan yang terinspirasi dari cincin pertunangan Lady Diana, dan kini diwariskan pada Kate Middleton

Royale collection; koleksi perhiasan yang mampu menonjolkan kemegahan dan sisi classy dari tiap-tiap gemstone yang digunakan
Elba collection; koleksi perhiasan yang melambangkan keteguhan, kesetiaan, dan kemakmuran bagi penggunanya

Noble collection; terinspirasi dari keanggunan para bangsawan
CNY collection; koleksi perhiasan berlian yang dihiasi oleh batu ruby, serta melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan
Flamma collection; terinspirasi dari nyala api, koleksi perhiasan ini hadir dengan desain yang unik sehingga cocok dijadikan sebagai fashion statement

Temukan pilihan perhiasan koleksi precious stone dari “Precious Stone Festival” di atas, dengan mengunjungi gerai-gerai perhiasan Frank & co. yang tersebar di seluruh Indonesia. Dapatkan juga informasi seputar koleksi perhiasan terbaru melalui website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id .

New Stories

Rekomendasi, Perhiasan Wanita untuk Tampil Unik dan Kekinian
17 July 2024 Rekomendasi, Perhiasan Wanita untuk Tampil Unik dan Kekinian Frank & co. mempersembahkan Frank Treasure Pink Rose, perhiasan wanita untuk tampil unik dan kekini… Read More read more arrow
Fashion trend 2024, Menggunakan Perhiasan Berlian dengan Pink sapphire
16 July 2024 Fashion trend 2024, Menggunakan Perhiasan Berlian dengan Pink sapphire Fashion trend 2024 ini tidak lepas dari perpaduan perhiasan berlian dan pink sapphire. Apa alasanny… Read More read more arrow
Intip Style Cincin Berlian untuk Pria yang Dikenakan oleh Andrew White
15 July 2024 Intip Style Cincin Berlian untuk Pria yang Dikenakan oleh Andrew White Bagaimana, sih, style cincin berlian untuk pria ala Andrew White? Simak kriteria cincin berlian pri… Read More read more arrow
icon wa
LET'S GET CONNECTED!