Choose Store

Mengenal Ruby, Precious Stone yang Melambang Kedamaian, Kekuatan, dan Cinta

31 January 2023 |

Ruby selalu dikaitkan dengan cinta dan asmara serta telah lama digunakan dalam cincin tunangan selama berabad-abad. Ruby dipercayai dapat meningkatkan kemampuan untuk memberi dan menerima cinta tanpa syarat dan juga dikenal sebagai batu hati yang mengatur dorongan hati.

Sebelum lebih dalam mengenal Ruby , alangkah baiknya mengenal tiga precious stone yakni sapphire , ruby , dan emerald . Sapphire dan ruby merupakan kristal corundum, yang termasuk aluminium murni. Kristal corundum berwarna biru disebut sapphire , dan kristal corundum berwarna merah disebut ruby .

Sedangkan, emerald atau yang biasa disebut batu zamrud, adalah batu mulai yang memiliki warna hijau transparan dan termasuk kristal beryl , karena mengandung mineral silikat beril.

Ruby dapat dinilai baik dari warnanya. Sedikit perbedaan warna dapat membuat perbedaan nilai yang signifikan. Harga ruby per carat juga dapat meningkat secara dramatis seiring bertambahnya ukuran, terutama untuk precious stone berkualitas terbaik.

Ruby dapat menduduki harga tertinggi dari setiap precious stone berwarna. Harga batu rubi berkualitas baik per carat-nya terus meningkat secara konsisten, bahkan berkali-kali memecahkan rekor lelang.

Warna Ruby

Warna merupakan faktor paling signifikan yang mempengaruhi nilainya. Rubi tidak selamanya berwarna merah, rubi juga memiliki banyak warna meski kebanyakan berwarna merah.

Ruby terbaik memiliki warna merah dan cerah hingga sedikit keunguan. Sebagian besar rubi dengan warna merah murni memiliki harga tertinggi dan ruby dengan nuansa oranye dan ungu lebih rendah.

Warnanya tidak boleh terlalu gelap atau terlalu terang untuk dianggap sebagai kualitas terbaik. Jika warnanya terlalu gelap, akan berdampak negatif pada kecerahan batu. Sebaliknya, jika warnanya terlalu terang akan terlihat seperti safir merah muda.

Meskipun kekuatan atau intensitas warnanya tinggi, safir merah muda memiliki penggemar, dengan harga yang jauh lebih kompetitif daripada rubi. Meski pada akhirnya, warna ruby yang paling diinginkan adalah yang paling Anda sukai.

Ruby Darah Merpati Burma

Warna rubi merah hingga agak keunguan atau merah muda dengan fluoresensi merah yang lembut, bercahaya. warna sebenarnya ruby .

Seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman bertahun-tahun, istilah perdagangan membangkitkan persepsi warna dan kualitas tertentu yang terkait dengan sumber batu. Namun, kualitasnya mungkin khas dari sumber itu atau mungkin mewakili batu terbaik dari mana ia berasal.

Setiap sumber tidak pernah menghasilkan permata dengan warna dan kualitas yang sama. Sumber baru dapat menghasilkan bahan yang sangat mirip dengan rubi dari daerah klasik atau menghadirkan penampilan yang sedikit berbeda, namun akan tetap sama indahnya.

Ruby Clarity

Rubi memiliki setidaknya beberapa inklusi karena tidak ada rubi yang bebas inklusi. Nilai ruby dapat bergantung pada seberapa terlihat inklusi. Inklusi yang jelas, atau inklusi yang mengurangi transparansi atau kecerahan, menurunkan nilai batu delima secara dramatis.

Jika inklusi besar dan menonjol terletak di bawah sisi permukaan atas, inklusi tersebut sangat mengurangi transparansi, kecemerlangan, dan nilainya. Inklusi juga dapat membatasi daya tahan ruby . Rekahan yang mencapai permukaan secara signifikan dapat menimbulkan ancaman daya tahan.

Karakteristik kejernihan ruby yang khas termasuk inklusi mineral tipis yang disebut needles . Ketika mineralnya rutile dan needles hadir dalam kelompok yang berpotongan, itu disebut sutra. Needles bisa jadi pendek atau panjang dan ramping, dan mungkin tampak terjalin erat.

Ruby juga dapat mengandung needles yang tersusun dari mineral lain, kristal kecil, zona variasi warna, atau inklusi yang menyerupai sidik jari.

Beberapa inklusi sebenarnya dapat memberikan kontribusi positif pada penampilan Ruby. Kehadiran sutera rutil menyebabkan cahaya menyebar ke seluruh permukaan yang mungkin terlalu gelap. Ini menambah kelembutan pada warna dan menyebarkan warna lebih merata ke seluruh mahkota ruby .

Needles yang berpotongan juga dapat menyebabkan efek bintang yang disebut asterisme, ketika batu dipotong dengan permukaan atas yang melengkung, disebut potongan cabochon .

Ruby Cut

Beberapa faktor yang mempengaruhi potongan dan proporsi batu ruby adalah bentuk kristal. Bentuk ini menentukan kesesuaiannya pada potongan tertentu. Bentuk yang paling umum adalah bentuk heksagonal tabular datar, namun kristal ruby dapat juga dipotong memanjang.

Bentuk yang paling umum dari ruby kuno adalah oval dan bantal, dengan brilliant-cut crown berbentuk layang-layang dan facet segitiga, dan step-cut pavilions dengan barisan konsentris dari facet persegi panjang atau persegi.

Round, triangular, emerald-cut, pear , dan marquise rubi juga memungkinkan untuk dibentuk. Tapi biasanya bentuk ini jarang dalam ukuran yang besar dan kualitas yang lebih tinggi.

Pleochroism —penampilan warna berbeda dalam berbagai merupakan faktor lain yang memengaruhi pemotongan. Dalam ruby biasanya tampak merah keunguan di satu arah kristal, dan merah jingga di arah lainnya.

Pemotong dapat meminimalkan warna merah jingga dengan mengarahkan sisi meja tegak lurus ke arah kristal panjang. Meski begitu, itu tidak selalu mungkin untuk mengarahkan ruby untuk pengembalian warna yang ideal karena potensi penurunan berat akan terlalu besar.

Perbedaan Antara Safir Merah Muda dan Batu Ruby

Beberapa gemologist memperdebatkan batas antara ruby dan safir merah muda. Secara historis, kata ruby mengacu pada warna merah, yang secara teknis termasuk merah jambu. Ada juga perbedaan budaya dalam interpretasi ruby versus safir merah muda.

Di beberapa negara penghasil permata seperti Sri Lanka, warna pink selalu dianggap ruby , sedangkan di banyak negara konsumen diklasifikasikan sebagai pink sapphire .

Ruby yang Terkenal

Ratu Elizabeth mewarisi beberapa potongan ruby favoritnya termasuk tiara dengan desain bunga, kalung cluster dan drop earrings , liontin, dan empat bros yang luar biasa.

Beberapa dari potongan ini awalnya dibuat dengan opal. Namun pada akhir abad ke-19, ketika Ratu Alexandra menerima dari Ibu mertuanya, Ratu Victoria, dia mengatur ulang batu rubi Burma yang luar biasa, seperti banyak orang pada zamannya, percaya bahwa opal membawa kesialan.

Perhiasan ruby vintage merupakan salah satu yang terkuat dari semua precious stone . Augusto Castellani, pembuat perhiasan Italia terkenal yang berasal dari deretan panjang pembuat perhiasan ternama termasuk ayahnya Fortunato Pio Castellani, menulis tentang rubi dalam teksnya Gems Notes dan Extracts pada tahun 1871, bahwa:

Permata yang paling berharga setelah berlian adalah ruby . Kemegahan warnanya, terkadang merah murni, di lain waktu keunguan, merah muda, atau ungu pekat, menjadikannya permata berwarna paling indah di alam.

Ruby Elizabeth Taylor

Tidak ada orang lain di Hollywood yang identik dengan perhiasan indah seperti Elizabeth Taylor. Selama hidupnya, dia mengembangkan salah satu koleksi perhiasan pribadi yang paling luar biasa, mahal, langka, dan indah yang tidak dimiliki oleh seorang bangsawan. Banyak perhiasan berlian Taylor, termasuk perhiasan ruby , yang merupakan hadiah dari Richard Burton, pria yang menikah dengan Taylor dua kali berturut-turut.

Keduanya dikenal karena hubungan mereka yang panas, seringkali ditandai dengan pemberian perhiasan yang luar biasa. Rumor beredar bahwa Burton telah memberitahu Taylor di awal hubungan mereka, "Suatu hari aku akan mencarikan Ruby paling sempurna di dunia," ia menambahkan, "itu precious stone favoritku, merah untuk Wales."

Akhirnya, untuk Natal tahun 1968, Burton mengejutkan Taylor dengan cincin ruby Burma yang dikelilingi berlian. Di bagian tengah cincin terdapat pigeon blood ruby berbentuk oval dengan kualitas luar biasa di sekeliling berlian. Ketika cincin ruby dijual untuk dilelang setelah kematian Taylor, cincin itu mencapai harga rekor untuk sebuah ruby , terjual lebih dari $4 juta, diakui sebagai salah satu rubi paling sempurna di dunia.

Sebelum menikah dengan Burton, Taylor telah menikah dengan Mike Todd yang memberinya banyak perhiasan fantastis termasuk tiara berliannya yang terkenal.

Manfaat Ruby

Rubi secara universal dikaitkan dengan sifat kekuatan, gairah, romansa, kekayaan, dan keberuntungan, serta kepositifan spiritual. Ruby juga sering diasosiasikan dengan matahari dengan energinya yang luar biasa.

Kelebihan lain dari rubi adalah kekerasannya yang tinggi, nomor dua setelah berlian. Karena itu, banyak prajurit kuno membawa batu rubi untuk membantu melindungi mereka dalam pertempuran.

Ruby & Cinta

Bangsa Romawi adalah yang pertama menggunakan cincin tunangan untuk menandakan niat terhormat mempelai pria. Selama Abad Pertengahan, cincin kawin melambangkan keseimbangan dan penyelesaian—hasil perkawinan yang diinginkan. Joannes de Laet (1647) menggambarkan kebiasaan kuno di mana seorang pria menghadiahkan dua cincin kepada tunangannya, satu set dengan berlian dan yang lainnya dengan ruby .

Cincin Ruby untuk Pertunangan & Pernikahan

Saat ini, semakin banyak pasangan yang memilih rubi untuk cincin tunangan dan pernikahan mereka. Banyak wanita menghindari berlian dan memilih cincin unik yang dipersonalisasi dengan rubi atau precious stone lainnya.

Jessica Simpson baru-baru ini memilih cincin ruby dan berlian antik sebagai cincin pertunangannya. Sebelumnya, salah satu cincin tunangan rubi paling terkenal diterima oleh Sarah Ferguson setelah pertunangannya dengan Pangeran Andrew.

Selain itu, salah satu dari sekian banyak cincin tunangan Victoria Beckham dari suaminya David Beckham, sebuah batu merah delima yang menakjubkan dalam latar halo yang unik. Rubi juga dihadiahkan dalam anniversary pernikahannya.

Precious Stone Collection by Frank & co.

Precious Stone Collection

Frank & co. memahami kebutuhan wanita untuk tampil berkelas dan elegan. Oleh sebab itu Frank & co. menghadirkan rangkaian koleksi perhiasan berlian wanita dalam Precious Stone Collections.

Koleksi exclusive diamond jewellery ini mampu memancarkan sisi berkelas dan elegan setiap pemakaiannya melalui desain perhiasan yang cantik berhiaskan precious stone terindah di dunia seperti ruby (rubi), emerald (zamrud), dan blue sapphire (safir biru).

Kombinasi berlian dan tiga precious stone tersebut menciptakan perhiasan mewah nan berkelas untuk #NyatakandenganFranknco dalam berbagai penampilan.

Rangkaian koleksi perhiasan Precious Stone Collections terdiri dari:

Ruby Chain Bracelet

Ruby Chain Bracelet ; Frank & co. mempersembahkan koleksi chain bracelet dengan batu berharga Ruby Chain Bracelet yang memiliki 4 model gelang berlian eksklusif..

Riviera Collection ; desain perhiasan yang terinspirasi dari tetesan air yang berjatuhan ke sungai, melambangkan cinta, kesucian, dan kemurnian serta harapan juga awal baru.

Imperial Collection ; menampilkan desain perhiasan klasik, timeless , dan elegan yang terinspirasi dari cincin pertunangan Lady Diana dan kini diwariskan pada Kate Middleton.

Royale Collection ; koleksi perhiasan yang mampu menonjolkan kemegahan dan sisi classy dari tiap-tiap gemstone yang digunakan.

Elba Collection ; koleksi perhiasan yang melambangkan keteguhan, kesetiaan, dan kemakmuran bagi penggunanya.

Noble Collection ; terinspirasi dari keanggunan para bangsawan.

CNY Collection ; koleksi perhiasan berlian yang dihiasi oleh batu ruby dan blue sapphire serta melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Flamma Ruby Premium Collection ; terinspirasi dari nyala api yang bermakna cinta membara,saling menghargai, keberuntungan, dan kebahagiaan, koleksi perhiasan ini hadir dengan desain unik sehingga cocok dijadikan sebagai fashion statement.

Keseluruhan koleksi ini dapat menunjang penampilan Anda sebagai wanita berkelas dan elegan. Selain itu, makna mendalam dari tiap-tiap koleksi juga dapat dijadikan sebagai momen #NyatakanCintamu untuk diri sendiri maupun orang berarti di sekitar Anda.

Temukan rangkaian precious stone collection ini dengan mengunjungi gerai-gerai perhiasan Frank & co. yang tersebar di seluruh Indonesia. Serta jangan lupa kunjungi website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id , ya!

New Stories

Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow
Serba-serbi Oval Cut, Pancaran Kilau yang Elegan di Setiap Perhiasan
22 April 2024 Serba-serbi Oval Cut, Pancaran Kilau yang Elegan di Setiap Perhiasan Apa itu oval cut? Mengapa Anda harus memilih permata potongan oval cut? Selengkapnya, simak informa… Read More read more arrow
Mengapa Cincin Berlian Solitaire Sangat Populer? Ini Alasannya!
21 April 2024 Mengapa Cincin Berlian Solitaire Sangat Populer? Ini Alasannya! Cincin berlian solitaire memang sederhana, tapi popularitasnya tak lekang oleh waktu. Yuk temukan a… Read More read more arrow