Choose Store

Mengenal Burma Ruby, Ruby Terlangka dan Paling Berharga

30 December 2022 |

Meski terdapat banyak varietas ruby berkualitas di Myanmar, Burma Ruby lah yang dianggap paling berharga dan langka di dunia. Selain kelangkaannya, ruby ini juga memiliki keindahan dan daya tahan yang tinggi. Penasaran seperti apa jenis ruby ini dan bagaimana bila disandingkan dengan perhiasan berlian?

Apa itu Burma Ruby?

Flamma Necklace, Flamma Ruby Premium Collection, Frank & co.

Burma Ruby merupakan sebutan untuk ruby yang ditambang di Mogok Gemstone Tract , Distrik Kathe. Trek bertingkat itu dikenal selama lebih dari 1000 tahun sebagai rumah dari ruby terbaik di dunia. Ruby tersebut memiliki warna merah alami yang memancarkan kilau di bawah pencahayaan terang.

Di dunia perhiasan, ruby berkualitas terbaik dan bernilai jual tinggi memiliki warna yang dikenal dengan istilah pigeon blood ruby . Warna inilah yang umumnya dimiliki oleh Burma Ruby sehingga jenisnya banyak diburu oleh para pencinta perhiasan.

Pigeon Blood Ruby vs Rabbit Blood Ruby

Ruby Ladies Ring, Royale Collection, Frank & co.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa pigeon blood ruby sama dengan Burma Ruby atau merupakan varietas lain dari batu ruby . Faktanya, pigeon blood ruby adalah kategori warna pada ruby yang paling banyak diincar. Nama tersebut terinspirasi dari warna darah segar pada burung merpati.

Pigeon blood ruby menampilkan warna merah darah dengan sedikit semburat ungu. Jika terkena cahaya, warna merah ruby ini terlihat lebih tua namun tetap berkilau sempurna. Karena warna inilah, pigeon blood ruby memiliki harga yang tinggi per carat-nya dibanding ruby varietas lain.

Setelah pigeon blood ruby , warna terbaik berikutnya adalah rabbit blood ruby . Sering juga disebut Royal Red , warna merah ruby ini sedikit lebih gelap dengan semburat warna oranye. Rabbit blood ruby cenderung memiliki lebih banyak zat besi daripada pigeon blood ruby sehingga warna merahnya terlihat lebih gelap.

Fakta Menarik tentang Burma Ruby

Ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda simak tentang varietas ruby ini, antara lain:

Warna dari ruby Burma berasal dari dua faktor. Faktor pertama yaitu kombinasi warna merah kebiruan dan emisi fluoresen merah yang lebih murni sehingga memberikan intensitas warna tinggi. Faktor kedua adalah adanya ‘ silk ’ atau inklusi kecil yang menyebarkan cahaya pada tiap-tiap facet sehingga warnanya terlihat lebih lembut namun berkilau sempurna.

Keberadaan ruby di Burma dibawa oleh penjelajah dunia asal Eropa Marco Polo pada abad ke-13. Beberapa abad kemudian, Burma Ruby semakin langka dan selalu diperebutkan saat acara lelang.

Beberapa Burma Ruby berhasil menyita perhatian berkat ukuran dan kecantikannya yang luar biasa. Selain Alan Caplan Ruby atau Mogok Ruby , ada juga The Carmen Lucia Ruby , De Long Star Ruby , dan The Nawata Ruby . Sementara itu, ruby paling mahal di dunia kini ditempati oleh The Sunrise Ruby.

Keindahan Burma Ruby kerap disejajarkan dengan Mozambique ruby

Dua varietas ruby terbaik kini hadir dalam Flamma Ruby Premium Collection dari Frank & co. Exclusive diamond jewellery ini terinspirasi dari nyala api yang membara serta mampu memberikan energi positif. Tak hanya itu, perhiasan berlian wanita berhiaskan #precious stone ruby ini merupakan opsi yang tepat dipersembahkan untuk #NyatakanCintamu sekaligus sebagai bentuk penghargaan pada pasangan, #NyatakandenganFranknco.

Flamma Ruby Premium Collection, Frank & co.

Hadir dengan desain yang unik. Flamma Ruby Premium Collection cocok dikenakan sebagai fashion statement untuk berbagai gaya busana dalam setiap acara. Koleksi ini terdiri dari kalung , anting-anting, ladies ring , liontin, dan gelang berlian cantik.

Keindahan batu ruby serta precious stone lain seperti blue sapphire dan emerald juga hadir dalam rangkaian koleksi perhiasan berlian Precious Stone Collections seperti Imperial Collection , Elba Collection , Noble Collection , Riviera Collection , Royale Collection , dan CNY Collection . Dapatkan rangkaian koleksi ini dengan mengunjungi gerai perhiasan Frank & co. yang tersebar di seluruh Indonesia.

Frank Deer Diamond Pendant, Frank & co.

Menjelang akhir tahun ini, jangan lewatkan juga promo Gift with Purchase berupa diamond pendant unik Frank Deer senilai Rp7 jutaan untuk setiap pembelian perhiasan di Frank & co. Selengkapnya terkait syarat dan ketentuan yang berlaku, kunjungi website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id sekarang juga!

New Stories

Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya
17 April 2024 Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya Apa itu statement jewellery? Bagaimana jenis dan ciri-ciri statement jewellery? Ini penjelasannya! Read More read more arrow
4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow