Choose Store

Memahami 4C: Panduan Utama Berlian Berkualitas Tinggi

14 February 2023 |

Berlian merup akan salah satu batu permata yang paling dihargai dan populer di seluruh dunia. Berlian berkualitas memiliki keindahan dan kemewahan yang tak tergantikan, serta merupakan simbol cinta dan komitmen yang abadi.

Namun, memilih berlian berkualitas tinggi tidak selalu mudah dan membutuhkan pengetahuan yang baik mengenai 4C - empat faktor penting yang menentukan kualitas dan nilai suatu berlian.

4C adalah singkatan dari warna ( color ), berat carat ( carat ), kejernihan ( clarity ), dan potongan ( cut ). Setiap faktor memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kualitas dan nilai berlian. Warna berlian berkisar dari putih murni hingga gelap dan mempengaruhi kecantikan berlian. Berat berlian ditunjukkan dalam satuan carat, dengan nilai berat yang lebih besar menghasilkan berat yang lebih tinggi. Kejernihan berlian mempengaruhi nilai berlian, dengan berlian yang lebih jernih memiliki nilai yang lebih tinggi. Potongan berlian mempengaruhi bagaimana cahaya terpantul dan membuat berlian terlihat indah dengan potongan yang baik.

Dengan memahami 4C, Anda dapat memastikan apakah berlian yang sudah atau ingin Anda miliki berkualitas tinggi. Perhiasan berlian Frank & co. telah memenuhi kriteria 4C ini, sehingga artikel ini disajikan untuk membantu Anda memahami setiap faktor 4C dan memberikan informasi penting untuk membuat keputusan memilih gerai kami untuk Anda membeli perhiasan berlian berkualitas dan tepat .

Apa 4C dari berlian?

Empat karakteristik yang dikenal secara informal sebagai empat C sekarang umum digunakan sebagai deskripsi dasar berlian: carat ( carat ), potongan ( cut ), warna ( color ), dan kejernihan ( clarity ). Sistem ini dikembangkan oleh Gemological Institute of America pada tahun 1953 sebagai standar yang diakui secara internasional untuk menilai karakteristik berlian.

Kualitas sebuah berlian ditentukan oleh 4C:

Potongan ( Cut ): Kualitas sudut, proporsi, facet , dan detail akhir.

Warna ( Color ): Seberapa tidak berwarna berlian itu.

Kejernihan ( Clarity ): Seberapa jernih berlian dari inklusi, noda, dan cacat.

Carat ( Carat ) : Berat berlian.

Keempat penentu kualitas berlian ini adalah komponen utama yang mempengaruhi keindahan dan strukturnya. 4C berinteraksi satu sama lain di dalam berlian. Mereka menentukan bagaimana berlian terlihat indah dan seberapa tinggi kualitasnya. Sebagai contoh, kemampuan berlian untuk memantulkan kembali cahaya ke mata Anda, tidak hanya bergantung pada kualitas potongan, tetapi juga pada warna dan kejernihan.

Keempat karakteristik berlian tersebut dinilai oleh para profesional secara konsisten, memberi Anda indikator sebagai alat untuk mengevaluasi berlian. Dengan meninjau 4C berlian tertentu, Anda dapat menentukan dengan lebih baik apakah berlian tersebut berkualitas tinggi. GIA menjelaskan mengapa dan bagaimana nilai berlian dibuat.

Ciri-ciri Berlian Berkualitas

GIA adalah institusi terkemuka dengan sistem penilaian canggih untuk mengevaluasi karakteristik berlian. Setiap indikator C dari berlian dinilai dalam skala, dan dapat dievaluasi untuk kualitas. Meskipun ada beberapa terminologi universal dan penilaian standar berbeda di beberapa entitas lab.

Grading dari 4C membantu menentukan nilai berlian dan menunjukkan kualitasnya. Penjual berlian sering menetapkan harga mereka berdasarkan laporan penilaian. Mengetahui dasar-dasar penilaian ini sangat membantu ketika membandingkan dua berlian yang serupa, tetapi yang paling penting adalah bagaimana berlian itu terlihat se cara kasat mata dan seberapa menarik berlian itu secara keseluruhan.

Dalam pengertian ini, memiliki pemahaman mendasar tentang 4C dan mengetahui cara memilih berlian berkualitas sangat penting sebagai pembeli, sehingga Anda dapat menghindari pengeluaran anggaran untuk komponen yang luput dari perhatian.

Indikator Kualitas Berlian

4C berlian memberi Anda cara yang lebih objektif untuk mengukur dan menilai kualitas berlian. Tanpa 4C, kualitas berlian merupakan sesuatu yang sulit diukur.

Menjadi jauh lebih mudah bagi konsumen dengan panduan yang lebih objektif tentang apa yang membuat berlian berkualitas tinggi atau rendah. Masing-masing dari 4C menawarkan deskripsi terukur tentang kualitasnya di area tertentu.

Cut

Diamond Cut

'Potongan' mungkin merupakan aspek terpenting dari kualitas berlian yang mempengaruhi keindahan berlian. Diamond Cut secara khusus mengacu pada kualitas sudut berlian, proporsi, segi simetris, kecemerlangan, fire , kilau, dan detail finishing . Faktor-faktor ini secara langsung mempengaruhi kemampuan berlian untuk berkilau, bersama dengan daya tarik estetikanya secara keseluruhan.

Bagan potongan berlian GIA menilai Potongan Berlian pada skala Ideal, Excellent, Very Good, Good, Fair dan Poor . Nilai ideal dan excellent , tergantung pada bentuk berlian, menandakan proporsi dan potongan sudut untuk kecemerlangan maksimum.

Bagaimana cahaya memantulkan melalui potongan berlian?

Jika terdapat dua berlian dan diberi nilai yang sama pada bagan potongan berlian, potongannya sangat bervariasi di antara berlian dan pemotongnya. Kadang-kadang, cutter mungkin menargetkan berat carat maksimum, membuat berlian terlalu dalam atau terlalu dangkal untuk pantulan cahaya yang optimal.

Di lain waktu, berlian dapat dipotong untuk meminimalkan jumlah inklusi, meningkatkan clarity -nya, tetapi menghilangkan kilau maksimal. Bahkan potongan berlian Ideal mungkin memiliki warna kuning yang terlalu mencolok dan mengurangi keindahannya.

Namun, yang lebih penting adalah memastikan bahwa potongan merupakan titik fokus pemilihan berlian Anda. Bahkan berlian 2 carat murni tanpa noda atau pewarnaan dapat menjadi kusam jika tidak dipotong dengan sangat baik. Cut adalah indikator kecantikan terbesar, dan harus diprioritaskan di atas C lainnya.

Anda mungkin pernah mendengar tentang berlian triple excellent (potongan, pemolesan, dan simetri yang luar biasa). Banyak orang berpikir bahwa berlian ini bernilai premium yang dikenakan beberapa perhiasan tetapi kenyataannya sedikit berbeda.

Frank & co. telah mendapat pengakuan dari Gemological Institute of America (GIA) dengan predikat Triple Excellent; Cut, Polish, Symmetry . Jenis potongan, polesan dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi banyak butiran. Umumnya dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent .

Karena Cut sangat penting untuk kecantikan dasar berlian, sangat penting untuk meninjau potongan berlian dengan hati-hati dan meminta perhatian seorang ahli.

Color

Diamond Color

Warna berlian dinilai berdasarkan seberapa jernih atau tidak berwarna berlian itu. GIA menilai berlian dari D ke Z, dengan D adalah yang paling tidak berwarna, dan Z mengandung warna coklat atau kuning yang mencolok. Bagan warna berlian di atas ini menunjukkan bagaimana setiap kelas terlihat bersebelahan.

Meskipun bagan warna berlian memberikan contoh bagaimana setiap kelas muncul, penting untuk melihat setiap berlian satu per satu. Bergantung pada potongan berlian, berat carat, dan bentuk, warnanya mungkin tampak berbeda di antara berlian.

Harga berlian biasanya mencerminkan kualitasnya—terkadang secara signifikan. Dalam kebanyakan kasus, secara kasat mata tidak dapat membedakan antara dua berlian bertingkat warna yang berdekatan, meskipun perbedaan harganya mungkin signifikan.

Aspek paling penting dari color adalah menentukan apakah tampak colourless dalam tampilan akhir berlian. Anda juga ingin memastikan bahwa berlian bebas dari pewarnaan yang menghilangkan atau mengganggu pantulan cahaya cemerlang dan berwarna.

Kecemerlangan, atau kilauan, tercipta dari cara berlian dipotong. Tidaklah menguntungkan membeli berlian yang mengalihkan perhatian dari karakteristik utama yang penting ini.

Sebagai rekomendasi umum, tinjaulah setiap berlian dengan cermat dan mintalah bantuan seorang ahli. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak membayar untuk berlian dengan kualitas buruk dengan tingkat warna yang tidak diperhatikan, atau membeli berlian yang mengalihkan perhatian atau mengganggu pantulan cahaya.

Clarity

Diamond Clarity

Tingkat clarity berlian mengevaluasi seberapa bersih berlian dari inklusi dan noda. Kejelasan dinilai oleh GIA pada bagan kejelasan berlian berikut:

FL ( Flawless )

IF ( Internally Flawless )

VVS1 ( Very Very Slightly Included 1 )

VVS2 ( Very Very Slightly Included 2 )

VS1 ( Very Slightly Included 1 )

VS2 ( Very Slightly Included 2 )

SI1 ( Slightly Included 1 )

SI2 ( Slightly Included 2 )

I1 ( Included 1 )

I2 ( Included 2 )

Perhatikan bahwa setiap berlian sedikit berbeda. Alih-alih berpegang pada tingkat tertentu pada bagan clarity berlian, perhatikan setiap berlian untuk melihat apakah Anda melihat ketidaksempurnaan.

Skala penilaian diamond clarity ini menunjukkan dan meringkas setiap tingkat kejernihan.

Saat Anda memperhatikan bagan kejernihan berlian, Anda akan melihat betapa lebih banyak inklusi dan noda yang terlihat. Namun, tidak semua ketidaksempurnaan terlihat dengan kasat mata. Itulah pentingnya bantuan dari seorang ahli..

Bergantung pada ukuran, lokasi, dan kegelapan noda dan inklusi, ketidaksempurnaan ini dapat mengganggu cahaya saat melewati berlian. Ketika ini terjadi, kecemerlangan dan keindahan berlian menjadi berkurang, menghilangkan nilai potongan berkualitas tinggi.

Untuk clarity , rekomendasi utama kami adalah memastikan berlian bersih ketika dilihat secara kasat mata dan inklusi tidak mengganggu pantulan cahaya.

Berat Carat

Carat adalah satuan ukuran berat standar untuk berlian dan batu permata lainnya. Namanya diambil dari biji carob. Karena biji kecil ini memiliki berat yang cukup seragam, para pedagang permata awal menggunakannya sebagai penyeimbang timbangan mereka.

Seringkali ketika orang mendengar istilah " Weight of Carat ", mereka mengira hal itu mengacu pada ukuran berlian. Sebenarnya, Carat mengacu pada berat berlian, bukan seberapa besar batu tersebut.

Berlian 1 Carat sama dengan 200 miligram, atau 0,2 gram — dan beratnya kira-kira sama dengan seperempat kismis. Bergantung pada bentuk berlian dan cara pemotongannya, dua berlian dengan berat 1 Carat mungkin memiliki ukuran yang sangat berbeda.

Berat Carat VS Ukuran

Meskipun berat Carat adalah elemen yang perlu dipertimbangkan saat membeli berlian, penampilan dan kecemerlangan keseluruhan harus lebih penting. Misalnya, berlian 1.50 carat yang biasa-biasa saja tidak akan bersinar seterang — atau menarik banyak perhatian — seperti berlian 1.00 carat yang menakjubkan, berapapun beratnya.

Daripada terpaku pada angka tertentu pada bagan berat carat berlian, pilihlah berlian dengan potongan sempurna atau potongan ideal dalam bentuk yang Anda inginkan.

Bagaimana 4C Bekerja Bersama

Diamond 4Cs

Masing-masing dari 4C berkontribusi pada keseluruhan keindahan berlian dan menjadikan setiap berlian unik. Berlian, bagaimana pun, perlu dilihat secara keseluruhan organik. Karena mata sulit membedakan satu karakteristik berlian dengan sendirinya, seperti clarity atau color , maka penting untuk mempertimbangkan bagaimana pengaruh 4C satu sama lain.

Manakah yang paling penting dari keempat C itu?

Cut : Karakteristik berlian yang paling penting karena paling mudah mempengaruhi keindahan berlian. Carilah tingkat kecemerlangan dan efek fire yang tinggi, dan bersedialah untuk mengurangi pengeluaran Anda di area lain seperti clarity atau color untuk memastikan cutting yang luar biasa.

Color : Aspek terpenting kedua yang menjadi fokus. Berlian seharusnya tampak putih atau tidak berwarna dengan mata telanjang. Pastikan warna tidak mengalihkan atau mengganggu refleksi cahaya putih dan berwarna.

Clarity : Karakteristik terpenting ketiga dalam daftar. Pilih berlian dengan kecerahan dan kejernihan yang baik. Noda dan inklusi tidak boleh mengganggu kecemerlangan atau fire berlian.

Carat : Last but not least . Berdasarkan bagaimana Anda menyeimbangkan 3C lainnya yang akan menentukan seberapa besar berlian yang akan Anda peroleh. Jika Anda menyeimbangkan semuanya dengan sempurna, Anda akan mendapatkan berlian sebesar mungkin yang masuk dalam anggaran Anda dan tampak fantastis.

Dengan mempertimbangkan dasar-dasar ini, ingatlah bahwa berlian secara keseluruhan berharga, dan harus dilihat secara total. Empat kualitas utama dari berlian semuanya memainkan peran penting dalam penampilan akhir berlian.

Berlian Berkualitas Frank & co.

Frank & co. yang dikenal sebagai The Residence of F Color & F VVS Clarity menawarkan rangkaian perhiasan secara eksklusif mulai dari berlian, emas, dan barang berharga lainnya. Frank & co. memiliki visi sebagai merek perhiasan terdepan dan tepercaya di Indonesia dan bertujuan untuk selalu mengedepankan keunggulan pada produk, dalam pelayanan pelanggan, dan dalam pengalaman belanja barang mewah.

Keunggulan perhiasan berlian dari Frank & co. terdapat pada kreativitas, kualitas, inovasi, dan integritas di bawah Central Mega Kencana (CMK), perusahaan perhiasan berkualitas yang ternama dan tepercaya yang selalu mengutamakan kejujuran untuk mencapai profesionalisme dan menjadi yang terbaik pada apapun yang dilakukannya.

Dapatkan koleksi perhiasan berlian eksklusif dengan beragam desain dari Frank & co. di gerai-gerai resmi #Franknco. Serta jangan lupa juga kunjungi website Frank & co. dan follow Instagram @franknco_id untuk informasi terbaru.

New Stories

4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow
5 FAQ tentang Natural Diamond yang Sering Bikin Penasaran
14 April 2024 5 FAQ tentang Natural Diamond yang Sering Bikin Penasaran Mengulas 5 FAQ tentang berlian alami atau natural diamond, seperti apa itu inklusi, apakah berlian … Read More read more arrow