Choose Store

Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya

15 September 2021 |

Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas.


Begitu banyak variasi kalung emas yang beredar di pasaran. Berbeda gerai atau brand, berbeda pula harga yang dipasang, meskipun sekilas model atau beratnya serupa. Apa sebenarnya yang membuat harga perhiasan, termasuk harga kalung emas berbeda-beda?


Sebenarnya, kita akan lebih mudah memahami harga perhiasan emas asli kalau kita tahu komponen apa saja yang menjadi penentu harganya. Ini akan membuat kita bisa menilai apakah harganya fair atau layak sehingga bisa memutuskan untuk membeli atau tidak. Jadi, apa saja yang menjadi penentu harga kalung emas?


1. Harga Logam Emas

Kalung emas punya bahan utama logam mulia emas. Jadi komponen harga yang ada di urutan teratas adalah jumlah gram emas yang terdapat pada kalung emas (dan liontin emasnya kalau ada) dikalikan harga emas pada saat perhiasan dijual. Patut diingat kalau harga emas juga dibedakan berdasarkan kadar karatnya. Kadar emas untuk perhiasan biasanya adalah 18K karena emas kadar 24K terlalu lunak dan berisiko berubah bentuk saat dijadikan perhiasan.


Baca juga : Harga Anting Emas yang Layak untuk Seserahan Pernikahan



2. Harga Dekorator

Sejumlah kalung emas atau liontin emas memiliki penghias atau dekorator yang membuatnya makin menarik. Dekorator ini sangat beragam jenisnya, mulai dari mutiara, berlian, batu mulia, kristal dan masih banyak lagi. Harga dekorator ini juga variatif, tergantung banyak hal. Dimulai dari sifat kelangkaannya sampai faktor standar yang menjadi pengukur kualitasnya. Misalnya pada berlian ada standar 4C, yaitu Color (Warna), Clarity (Kejernihan), Cut (Potongan) dan Carat (carat berlian). Itu menjelaskan kenapa liontin berlian asli dengan kualitas yang baik akan jauh lebih mahal dari liontin emas biasa.



Liontin emas berlian Flare Collection Frank & co.


3. Harga Desain

Model kalung emas terbaru yang unik, termasuk liontinnya, tentu saja punya nilai lebih dibanding desain kalung emas yang standar. Desain inilah yang menjadi komponen berikutnya dari harga kalung emas. Saat membahas harga desain sebuah perhiasan, ada upaya untuk menghargai hasil karya para desainer yang dengan segala ide dan kreativitasnya berusaha membuat kalung emas wanita yang cantik dan memikat mata.


4. Harga Pembuatan

Penentu berikutnya yaitu harga pembuatan perhiasan itu sendiri sampai ke proses finishing , baik yang dikerjakan dengan handmade maupun dengan mesin. Tingkat kesulitan pembuatan kalung emas tergantung pada desain. Makin rumit, makin sulitlah pembuatannya dan mengakibatkan harganya juga makin meningkat. Tiap brand perhiasan biasanya membuat angka persentase standar untuk harga pembuatan, misalnya 10% dari harga tiga komponen sebelumnya (harga logam, dekorator, dan desain).



Liontin berlian Frank Deer dari Frank & co.

5.  Pajak dan Biaya Lain

Komponen terakhir harga kalung emas adalah pajak dan biaya-biaya tetap yang timbul saat seseorang menjalankan bisnis. Misalnya biaya operasional pabrik, harga sewa toko, harga promosi dan harga-harga lain tergantung besar kecilnya skala bisnis perhiasan yang dimiliki.


Baca juga : Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membeli Liontin Berlian



Semoga kini Anda lebih memahami apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Pemahaman yang menyeluruh terhadap faktor-faktor ini selayaknya membuat Anda bisa menentukan apakah harga yang dibayarkan untuk perhiasan emas yang Anda inginkan fair atau tidak. Percayakan selalu pemilihan perhiasan emas Anda pada brand perhiasan terpercaya, seperti Frank & co. Simak koleksinya yang lengkap dan beragam di website dan juga Instagram @franknco_id .

New Stories

Kalung Berlian Berkualitas untuk Nyatakan Isi Hati ke Pasangan
4 July 2022 Kalung Berlian Berkualitas untuk Nyatakan Isi Hati ke Pasangan Menyatakan isi hati kepada pasangan bisa dilakukan dengan memberikan hadiah kalung berlian. Berikut… Read More read more arrow
Di Mana Bisa Beli Gelang Berlian Spesial dan Kalung Emas Kekinian Frank & co.'s  TinyTAN Special Col
30 June 2022 Di Mana Bisa Beli Gelang Berlian Spesial dan Kalung Emas Kekinian Frank & co.'s TinyTAN Special Col Bagaimana cara mendapatakan gelang berlian spesial dan kalung emas kekinian Frank & co.'s TinyTAN S… Read More read more arrow
Gelang Emas Model Terbaru 2022, Cocok untuk Sehari-hari
30 June 2022 Gelang Emas Model Terbaru 2022, Cocok untuk Sehari-hari Setiap wanita tentu ingin tampil uptodate agar memesona. Berikut rekomendasi gelang emas model terb… Read More read more arrow