Choose Store

Hadiah Anniversary Sesuai Usia Pernikahan

24 August 2021 |

Tiap tahun perjalanan pernikahan selalu ditandai simbol penuh makna. Simak beberapa simbol yang bisa jadi ide untuk hadiah anniversary.


Kebiasaan pasangan memberi hadiah saat perayaan pernikahan sudah dimulai sejak zaman pertengahan sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. Namun baru di zaman Victoria kebiasaan ini mulai populer.


Di zaman modern, perayaan pernikahan dipercaya sebagai tanda kesuksesan pernikahan sehingga hadiah pun harus meningkat nilainya dari tahun ke tahun. Selain simbol tradisional, sejumlah simbol modern pun mulai digunakan. Apa saja simbol-simbol baik tradisional dan modern yang dijadikan hadiah antar pasangan ini?



Hadiah Tahun Pertama: Kertas dan Jam Dinding

Kertas sebagai simbol tradisional bisa diterjemahkan jadi banyak benda. Bisa berupa buku resep untuk masak berdua atau foto pasangan yang dibuat ulang lewat ilustrasi tangan seniman. Sementara itu, jam dinding sebagai simbol modern jadi simbol waktu kebersamaan yang tidak terhingga. Untuk batu berharga, emas jadi penanda untuk first anniversary ini. Anda bisa memberikan pasangan wanita Anda perhiasan emas seperti cincin emas wanita atau liontin Phrea dari Love Box Collection dari Frank & co. di bawah ini.


Phrea pendant dari Love Box Collection



Hadiah Tahun Ke-dua: Katun dan Keramik

Serat-serat benang yang saling terjalin membentuk kain katun jadi simbol tradisional hubungan antar pasangan. Berikan hadiah bedding set baru yang spesial atau selimut nyaman yang bisa menemani saat nonton Netflix bersama. Keramik (bisa dalam bentuk couple mug ) adalah simbol karya seni yang rumit dan indah namun rentan pecah, sama seperti usia pernikahan yang memasuki usia 2 tahun. Batu berharga di tahun ini adalah garnet.



Hadiah Tahun Ke-tiga: Kulit dan Kristal

Kulit adalah unsur yang tahan lama dan mampu melindungi, sama seperti pernikahan di tahun ketiga yang mulai kuat. Apapun yang terbuat dari kulit bisa jadi hadiah. Sementara itu, kristal menjadi hadiah versi modern yang sekilas terlihat rapuh namun kalau dijaga dengan baik akan menjadi ornamen yang abadi. Batu berharga di tahun ini adalah mutiara.



Hadiah Tahun Ke-empat: Bunga dan Alat Elektronik

Pernikahan di tahun keempat seperti bunga yang baru mekar. Buket bunga atau bibit tanaman dan peralatan berkebun bisa menjadi hadiah. Versi modernnya, pasangan bisa saling memberi hadiah elektronik baik personal maupun untuk dipakai bersama di rumah. Batu berharga di tahun ini adalah blue topaz.



Hadiah Tahun Ke-lima: Kayu dan Alat Makan Perak

Kayu melambangkan kekuatan dan akar pernikahan yang makin kuat. Jadikan kotak kayu penyimpan memorabilia pasangan atau pun cutting board alias talenan hias dengan ukiran nama berdua sebagai hadiah. Alat makan perak selain bernuansa klasik juga berguna bagi kesehatan. Tahun ini, safir biru jadi pilihan batu berharganya. Elba matching set berupa cincin dan kalung beserta liontin berlian dan batu safir ini adalah perhiasan wanita yang tepat untuk pasangan Anda.


Elba matching set Collection



Hadiah Tahun Ke-enam: Besi dan Kayu

Besi punya kekuatan yang diidentikkan dengan pernikahan di tahun keenam. Alat-alat memasak yang kuat dan tahan lama seperti cast iron bisa menjadi hadiah. Sementara kayu menjadi simbol versi modern di tahun ini. Batu berharga untuk tahun ini adalah amethyst .



Hadiah Tahun Ke-tujuh: Tembaga dan Meja

Tembaga adalah salah satu konduktor panas sehingga jadi simbol kehangatan yang menjalan dalam hati pasangan di tahun ketujuh. Meja menjadi simbol versi modern karena dianggap sebagai dorongan kepada pasangan untuk meraih mimpi dan ambisinya. Batu onyx menjadi batu berharga di tahun ini.



Hadiah Tahun Ke-delapan: Perunggu dan Linen

Perunggu adalah gabungan antara tembaga dan timah yang menjadi simbol solidnya persatuan dua orang dengan karakter berbeda. Ornamen-ornamen kecil berbahan perunggu bisa menjadi alternatif. Sementara linen dan renda adalah simbol modern di tahun kedelapan yang melambangkan kemapanan. Batu berharga di tahun ini adalah tourmaline .



Hadiah Tahun Ke-sembilan: Gerabah dan Kulit

Gerabah terbuat dari tanah liat yang prosesnya butuh ketelitian dan ketekunan, sama seperti pernikahan itu sendiri. Gerabah berkualitas baik bisa jadi benda seni yang mahal. Sementara simbol modern di tahun ke-9 ini adalah kulit yang punya sifat kuat, tahan lama, dan fleksibel serta makin matang oleh waktu. Batu berharga di tahun ini adalah lapiz lazuli.



Hadiah Tahun Ke-sepuluh: Timah dan Berlian

Timah jadi simbol kekuatan dan daya tahan yang kuat pada pasangan yang sudah memasuki tahun ke-10 pernikahan. Sementara itu berlian jadi simbol bertahannya pasangan melewati tempaan dan tekanan yang akhirnya melahirkan keindahan serupa dengan berlian. Tidak salah kalau Anda memberikan perhiasan berlian asli kepada istri tercinta, seperti cincin berlian dari koleksi Dew Light berikut ini.


Morning Dew dari Dew Light Collection



Simbol tradisional maupun modern memang bisa menjadi ide untuk memberi hadiah anniversary pernikahan. Tapi jangan lupa, hadiah perhiasan selalu mendapat tempat di hati wanita, di tahun ke berapa pun anniversary -nya. Selalu percayakan rumah perhiasan Frank & co. untuk mendapatkan berbagai perhiasan cantik dan berharga untuk setiap perayaan cinta Anda. Simak koleksinya di website Frank & co. atau Instagram @franknco_id .

New Stories

4 Hal Tentang Baguette Cut Diamond yang Perlu Anda Ketahui
13 April 2024 4 Hal Tentang Baguette Cut Diamond yang Perlu Anda Ketahui Apa itu baguette cut diamond? Bagaimana sejarah dan karakteristiknya? Simak penjelasan tentang poto… Read More read more arrow
Mengenal 3 Jenis Berlian, Eksplorasi Kilau Sempurna Permata Terkeras di Dunia
12 April 2024 Mengenal 3 Jenis Berlian, Eksplorasi Kilau Sempurna Permata Terkeras di Dunia Ada 3 jenis berlian yang populer di dunia. Apa saja jenis dari permata terkeras di dunia ini? Berik… Read More read more arrow
Sering Salah Kaprah, Begini Cara Membedakan Carat dan Karat!
11 April 2024 Sering Salah Kaprah, Begini Cara Membedakan Carat dan Karat! Penting untuk mengetahui perbedaan carat dan karat supaya Anda tidak salah menggunakannya dalam dun… Read More read more arrow