Choose Store

Di Jari Manakah Sebaiknya Memakai Cincin Tunangan? Ini Penjelasannya

4 February 2023 |

Cincin tunangan adalah perhiasan yang menjadi simbol cinta sejati dan komitmen dalam hubungan. Sebelum pernikahan digelar, umumnya setiap pasangan akan melakukan pertunangan menjadi simbol komitmen antara kedua belah pihak.

Dalam momen pertunangan ini, umumnya setiap calon mempelai akan saling bertukar cincin tunangan. Namun, di jari mana cincin tunangan harus dipasang?

Secara tradisional, cincin tunangan umumnya dipasang pada jari cantik di tangan kiri. namun, tradisi ini bukan tanpa sebab, lho . Tradisi ini rupanya berawal dari kebiasaan yg dilakukan oleh rakyat Mesir, Romawi, dan  Yunani kuno.

Pada masa itu, rakyat pada ketiga negara tadi meyakini bahwa ada pembuluh darah yang terhubung dari jari manis kiri ke jantung, yaitu vena amoris . Vena amoris diklaim juga “ Vein of Love ” atau pembuluh darah cinta.

Oleh karena itu sampai sekarang, para pasangan biasa memakai cincin tunangan pada jari manis tangan kiri yang diklaim terhubung pribadi ke jantung, daerah pada mana seluruh perasaan cinta tumbuh.

Namun, di mana sebaiknya cincin tersebut dipakai? Dalam artikel ini, Frank & co. akan menjelaskan lebih terperinci di jari manakah sebaiknya Anda atau pasangan Anda memakai cincin tunangan.

Arti Cincin di Tangan Kanan

Di Indonesia, cincin biasa digunakan di jari manis tangan kiri saat lamaran, lalu berpindah ke jari manis tangan kanan saat menikah. Sama halnya dengan Indonesia, masyarakat di India hanya menggunakan cincin nikah di tangan kanan.

Pemakaian cincin kawin di tangan kanan atau kiri, tidak selalu dilakukan, terutama di beberapa negara yang mayoritas berpenduduk muslim. Menurut tradisi di negara-negara Asia yang dominan muslim, pemakaian cincin juga tidak menjadi kewajiban, walau tetap menjadi tradisi yang seringkali dilakukan.

Sebagian besar budaya di banyak negara mengadopsi penggunaan cincin nikah di tangan kanan. Tetapi, ada juga yang menggunakannya di tangan kiri, seperti halnya di negara Rusia, Yunani, dan Kolombia. Sebagai awal, cincin tunangan dikenakan di jari manis kanan, kemudian setelah menikah baru dipindah ke jari manis kiri.

Arti Cincin di Tangan Kiri

Beberapa artikel menyatakan bahwa di beberapa negara terjadi perpindahan cincin yang dikenakan di tangan kanan (tangan dominan), ke tangan kiri (non dominan), sebagai tanda hormat seorang perempuan pada suaminya, di mana pada saat itu pria tidak mengenakan cincin kawin.

Memakai cincin pernikahan di tangan kiri merupakan tradisi yang relatif baru lahir pada awal abad ke-18. Jauh sebelum itu, cincin dipakai di tangan kanan.

Memakai cincin tunangan bersama cincin kawin

Setelah menikah, ada beberapa pasangan yang tetap ingin memakai cincin tunangan mereka bersamaan dengan cincin kawin.

Salah satu pilihan populer adalah memakai cincin tunangan terlebih dahulu, disusul dengan cincin kawin di atasnya. Opsi ini memang cukup masuk akal. Sebab, itu menunjukkan urutan cincin yang diterima.

Bukan hanya itu, opsi ini juga cukup baik secara simbolis, karena cincin pertunangan melambangkan sebuah janji, sementara cincin kawin “mengikat” janji itu. Pilihan paling umum lainnya adalah memakai cincin kawin terlebih dulu, lalu diikuti dengan cincin tunangan di atasnya.

Jika Anda ingin melakukan ini, Anda perlu melepas dan menyimpan cincin tunangan terlebih dulu sebelum upacara pernikahan untuk mengurangi risiko cincin penting hilang atau membuat Anda canggung di pelaminan.

Anda dapat memakainya di tangan kanan atau menyimpannya di tempat yang aman. Setelah akad selesai, Anda dapat memakai kembali cincin tunangan di jari manis kiri untuk resepsi. Atau bisa juga, menyimpannya sedikit lebih lama untuk mengagumi indahnya jari Anda yang hanya berhiaskan cincin kawin.

Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin memakai kedua cincin meski desainnya tidak senada. Sebab, Anda bisa lho memakainya di tangan berbeda. Pasangan yang melakukan ini biasanya memakai cincin tunangan di jari manis kiri, sementara cincin kawin ada di jari manis kanan.

Meski pilihan ini tidak umum, ini sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki cincin tunangan dan cincin kawin dengan desain senada atau tidak cocok satu sama lain. Opsi ini juga sangat sempurna bagi yang tidak menyukai menumpuk cincin di sebuah jari yang sama.

Memakai cincin tunangan di tangan kanan dan cincin kawin di jari kiri pun bisa dilakukan. Masyarakat di negara seperti Jerman dan Belanda biasa melakukannya.

Cincin Tunangan Berhiaskan Berlian

Brand perhiasan berlian eksklusif terpercaya di Indonesia, Frank & co. menawarkan koleksi perhiasan dengan desain unik serta berkualitas dan cocok untuk tampilan fashion.

Desain perhiasan berlian istimewa Frank & co. telah dipercaya sejak tahun 1996. Apalagi, setiap perhiasannya dibuat dengan standar internasional dan mendapatkan sertifikat dari G emological Institute of America (GIA).

Frank & co. meluncurkan koleksi Bright Love . Koleksi perhiasan model terbaru ini terinspirasi dari sebuah “ spark” yang muncul di awal kisah manis sederhana yang akhirnya menjadi sebuah cinta yang utuh. Bright Love Collection merupakan fashion jewellery untuk menyatakan perasaan cinta pada yang terkasih dan juga dapat dijadikan cincin tunangan.

Bright Love Collection didesain dengan round diamond dan bright cutting berbentuk hati yang memberikan kesan berlian yang lebih besar serta bersinar terbuat dari Heart Shape Diamond .

Koleksi Bright Love hadir dalam beragam perhiasan berlian wanita, antara lain:  cincin, anting-anting, liontin, kalung, dan gelang. Jika saat ini Anda sedang membutuhkan rekomendasi cincin tunangan berhiaskan berlian, satu dari empat model cincin berlian dari Bright Love Collection merupakan pilihan tepat untuk Anda.

Bright Love Ladies Ring

Bright Love Ladies Ring

Cincin ini memiliki timeless design dengan rose gold 18 karat. Memiliki satu round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 17 butir F VVS tentunya akan sangat pas menghiasi jari kekasih pujaan. Cincin ini seolah merepresentasikan hati pasangan Anda yang besar penuh cinta dan kasih sayang.

Bright Love V Shaped Ring

Bright Love V Shaped Ring


Cincin berbentuk V ini memiliki desain yang modern dan memberikan kesan manis ketika berada di jari pasangan. Memiliki satu round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 21 butir F VVS yang dapat membuat pasangan Anda melting begitu melihatnya ketika Anda down on one knee di hadapannya.


Bright Love Fashion Ring

Bright Love Fashion Ring

Cincin ini dapat dijadikan cincin tunangan maupun daily fashion item yang dapat menemani hari-hari kekasih Anda. Cincin yang didesain fashionable ini memiliki round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 48 butir F VVS.

Bright Love Trilogy Ring

Bright Love Trilogy Ring

Cincin Bright Love Trilogy tepat untuk menyatakan perasaan Anda, #NyatakanDenganFranknco. Cincin yang didesain mewah dan memberikan kesan berkelas ketika menghiasi jari kekasih Anda ini memiliki 3 buah round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 51 butir F VVS. ketika Anda berlutut di hadapannya meminta untuk menjadi teman hidup selamanya, pasti ia automatically said ‘yes’ .

Jadi tunggu apa lagi? Segera koleksi perhiasan berlian istimewa serta unik ini dan #NyatakandenganFranknco bahwa Anda berharga dan bersinar bagaikan berlian.

Untuk mendapatkan berbagai macam koleksi Bright Love , seperti: pendant , kalung, bracelet , dan anting-anting di gerai-gerai resmi Frank & co.  Anda juga dapat mengunjungi halaman website Frank & co. dan follow Instagram @franknco_id untuk informasi terbaru.

New Stories

4 Hal Tentang Baguette Cut Diamond yang Perlu Anda Ketahui
13 April 2024 4 Hal Tentang Baguette Cut Diamond yang Perlu Anda Ketahui Apa itu baguette cut diamond? Bagaimana sejarah dan karakteristiknya? Simak penjelasan tentang poto… Read More read more arrow
Mengenal 3 Jenis Berlian, Eksplorasi Kilau Sempurna Permata Terkeras di Dunia
12 April 2024 Mengenal 3 Jenis Berlian, Eksplorasi Kilau Sempurna Permata Terkeras di Dunia Ada 3 jenis berlian yang populer di dunia. Apa saja jenis dari permata terkeras di dunia ini? Berik… Read More read more arrow
Sering Salah Kaprah, Begini Cara Membedakan Carat dan Karat!
11 April 2024 Sering Salah Kaprah, Begini Cara Membedakan Carat dan Karat! Penting untuk mengetahui perbedaan carat dan karat supaya Anda tidak salah menggunakannya dalam dun… Read More read more arrow