Choose Store

Arti Cincin di Jari Manis Kiri Wanita: Tradisi, Budaya, dan Simbolisme

18 November 2021 |

Dalam prosesi tunangan, cincin akan diberikan pihak laki-laki ke pihak perempuan. Biasanya, cincin akan digunakan di jari manis sebelah kiri. Berbeda dengan pernikahan yang digunakan di jari manis sebelah kanan.

Namun, apa artinya bila cincin tunangan digunakan di jari manis sebelah kiri? Ternyata, setiap cincin memiliki makna yang berbeda-beda bila digunakan di masing-masing jari. Apa saja arti letak cincin tunangan?

Arti Letak Cincin Tunangan

Jari Kelingking
Pemakaian cincin di jari kelingking sempat populer di abad 19 hingga 20-an. Banyak pria yang telah menikah mengenakan cincin tersebut di jari kelingking. Namun, kini penggunaan cincin tunangan atau nikah di jari kelingking telah jarang dilakukan. Dalam mitologi Yunani sendiri, penggunaan cincin di kelingking menandakan intuisi, inteligensia, dan persuasi.

Jari Manis
Jari manis menjadi posisi yang paling banyak dipilih untuk menggunakan cincin tunangan atau pernikahan. Sebab, jari manis menjadi simbol sebuah ikatan janji dalam mitologi Yunani bermakna cinta sejati, kreativitas, hingga kecantikan.


Jari Tengah
Tidak ada makna khusus bagi seseorang yang menggunakan perhiasan di jari tengahnya. Namun, dalam mitologi Yunani jari tengah memiliki simbol tanggung jawab dan keseimbangan.  Banyak masyarakat juga yang menggunakan cincin di jari tengah hanya untuk menarik perhatian.

Jari Telunjuk
Banyak orang yang menggunakan jari telunjuk untuk mendukung style sebuah fashion . Padahal di balik itu, penggunaan cincin di jari tengah menandakan sebuah ambisi, kepemimpinan, hingga kepercayaan diri. Biasanya, orang yang menggunakan cincin di jari tengah adalah kaum bangsawan atau kerajaan.

Jempol
Penggunaan cincin di jempol menandakan sebuah ketekunan, tekad kuat, dan penonjolan diri. Biasanya, penggunaan cincin di jempol dikenakan oleh kaum elit atau orang kaya karena ukuran jempol yang lebih besar menandakan bahan material cincin dibutuhkan lebih banyak.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa menggunakan cincin tunangan di jari manis sebelah kiri. Jika bingung mencari pilihan cincin tunangan yang cocok untuk digunakan, Anda bisa melihat beberapa pilihan eksekutif dari koleksi Frank & co.


Perhiasan Berlian Frank & co.
Frank & co. merupakan merek perhiasan berlian terpercaya di Indonesia yang memiliki berbagai koleksi perhiasan bermutu tinggi. Setiap perhiasannya dibalut dengan batu berlian dengan kejernihan VVS dan tingkat warna F.

Dengan kualitas tersebut, koleksi perhiasan berlian dari Frank & co. dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai koleksi berharga, ide hadiah unik, cincin kawin, juga seserahan lamaran pernikahan. Semua koleksi dari merek perhiasan berlian di bawah naungan PT Central Mega Kencana ini didesain khusus sehingga menunjukkan keanggunan dan kualitasnya yang tinggi.

Cincin berlian Alegria dari Frank & co.


Salah satu koleksi perhiasan berliannya adalah cincin berlian Alegria. Perhiasan berlian ini dibalut dengan rose gold dengan satu batu berlian cantik 0,053 carat di bagian tengahnya. Ditopang dengan empat prong yang indah, membuat tampilan cincin ini semakin elegan dan timeless .

Anda bisa menjadikan cincin Alegria sebagai pilihan cincin tunangan agar penampilan menjadi lebih istimewa. Selain itu, Anda juga bisa cek koleksi dari Frank & co. lainnya, seperti cincin berlian atau kalung berlian di laman Instagram atau situs resmi mereka.

New Stories

Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow
Serba-serbi Oval Cut, Pancaran Kilau yang Elegan di Setiap Perhiasan
22 April 2024 Serba-serbi Oval Cut, Pancaran Kilau yang Elegan di Setiap Perhiasan Apa itu oval cut? Mengapa Anda harus memilih permata potongan oval cut? Selengkapnya, simak informa… Read More read more arrow
Mengapa Cincin Berlian Solitaire Sangat Populer? Ini Alasannya!
21 April 2024 Mengapa Cincin Berlian Solitaire Sangat Populer? Ini Alasannya! Cincin berlian solitaire memang sederhana, tapi popularitasnya tak lekang oleh waktu. Yuk temukan a… Read More read more arrow