Choose Store

Apa Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan?

15 October 2021 |

Seserahan merupakan salah satu barang penting dalam sebuah acara lamaran dan pernikahan. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat perbedaan dalam seserahan lamaran dan pernikahan?

Dalam budaya Indonesia, seserahan biasa disiapkan oleh calon mempelai laki-laki untuk diberikan kepada calon mempelai perempuan, Barang seserahan yang diberikan pun tujuannya untuk digunakan mempelai perempuan usai menikah kelak.

Namun, barang seserahan yang diberikan saat lamaran pernikahan dibedakan dari isi jenisnya. Untuk itu Anda harus mengetahui apa saja perbedaannya, agar tidak terjadi kesalahan saat memberikannya.


Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan:


1. Makanan Tradisional


Makanan tradisional menjadi salah satu barang yang masuk dalam seserahan. Namun, makanan tradisional ternyata hanya diberikan sebagai seserahan lamaran saja dan tidak diberikan pada seserahan pernikahan.

Ada banyak jenis makanan tradisional yang bisa menjadi pilihan seserahan lamaran. Contoh makanan seserahan yang erat hubungannya dengan budaya, seperti roti buaya, atau satu paket kue basah dan kering.

Walaupun hanya sekadar makanan tradisional, jangan lupa untuk menghias bagian dari seserahan tersebut agar terlihat semakin cantik.

2. Mas Kawin


Seserahan yang tidak kalah penting lainnya adalah mas kawin. Seserahan ini wajib diberikan saat pernikahan dari mempelai pria kepada mempelai wanita. Adapun mas kawin bisa berupa cincin berlian, kalung, maupun liontin berlian.

Merek perhiasan berlian Frank & co. memiliki berbagai koleksi cincin berlian wanita, kalung berlian, dan gelang yang bisa menjadi pilihan. Setiap desain perhiasan berlian asli dari Frank & co. memiliki makna mendalam sehingga cocok untuk dijadikan mas kawin.

Semua perhiasan yang ditawarkan merupakan produk eksklusif. Terbukti dari semua koleksinya memiliki tingkat warna F dengan kejernihan batu berlian VVS dan sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA).

Namun, pada dasarnya tidak masalah untuk memberikan seserahan berupa mas kawin saat lamaran. Hanya saja, Anda harus memberikan kembali di waktu pernikahan sebagai mas kawin.

Anda juga bisa melihat beberapa rekomendasi perhiasan untuk lamaran pernikahan di situs resmi Frank & co atau di Instagram mereka.

3. Buah-buahan


Seserahan berikutnya adalah buah-buahan. Biasanya buah-buahan ini dibawa menggunakan keranjang dan berisi berbagai macam, seperti pisang, anggur, apel, hingga pir dan diberikan di momen lamaran.

Pemberian buah-buahan sebagai seserahan lamaran dilakukan, sebagai simbol kedua calon mempelai bisa mendapatkan kehidupan yang bahagia saat menikah kelak. Perlu diingat, seserahan buah hanya diberikan saat lamaran saja dan bukan di pernikahan.

4. Perlengkapan Mandi & Kosmetik

Karena seserahan ditujukan kepada calon mempelai wanita, perlengkapan mandi dan kosmetik menjadi barang yang wajib diberikan. Nah, barang-barang ini menjadi seserahan pernikahan sehingga tidak diberikan saat lamaran.

Pastikan untuk memberikan perlengkapan mandi dan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit calon pengantin wanita. Agar tidak salah, membeli perlengkapan seserahan ini bisa dilakukan bersama.

Adapun, contoh seserahan perlengkapan mandi adalah sabun, shampo, lulur, handuk, hingga sisir. Kemudian, untuk perlengkapan kosmetik adalah foundation , lipstik, bedak, eyeshadow , hingga maskara.

5. Baju, Kain, dan Aksesoris


Seserahan berupa baju, kain, dan aksesoris juga tidak kalah penting. Barang ini biasa diberikan sebagai seserahan lamaran, tujuannya adalah agar barang bisa digunakan saat resepsi pernikahan kelak.

Barang seserahan bisa berupa selop, kain yang dijahit menjadi kebaya, hingga aksesoris untuk menunjang penampilan. Namun, tak masalah juga untuk memberikan barang tersebut sebagai seserahan pernikahan.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan?

Koleksi Perhiasan Frank & co.


Perhiasan Frank & co. memiliki banyak koleksi yang menawan dan sayang untuk dilewatkan. Merek perhiasan yang berada di bawah naungan PT Central Mega Kencana ini memegang konsep kejujuran serta profesionalisme dalam setiap pembuatan perhiasan berlian.

Tak heran, ada banyak koleksi dengan desain istimewa dan tak bisa didapatkan dari merek perhiasan lainnya. Salah satunya adalah, cincin berlian Leona yang ditawarkan dengan balutan emas putih.

Cincin berlian Leona dari Frank & co.

Cincin ini didesain dengan peletakan batu berlian yang detail serta rapi di bagian tengahnya. Walaupun terkesan simple , perhiasan ini memperlihatkan kejernihan batu berlian yang menawan karena memiliki kualitas VVS hingga VVS2, serta berat dari 0,09 hingga 0,83 carat.

Cincin cantik ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 134 juta-an sesuai dengan kualitas batu berlian yang Anda inginkan. Anda yang tertarik bisa mencari koleksi perhiasan berlian lainnya dari Frank & co. di situs atau Instagram mereka.

New Stories

Fakta Menarik Kupu-kupu yang Terdapat dalam Desain Perhiasan Flutter
12 August 2022 Fakta Menarik Kupu-kupu yang Terdapat dalam Desain Perhiasan Flutter Koleksi Flutter memiliki desain kupu-kupu yang indah. Namun, apakah Anda tahu fakta menarik dari he… Read More read more arrow
Kisah Relationship Makin Seru, Cinta Raia dan Ryan Diuji dalam “No Ordinary Love by CMK” Episode Ke-
11 August 2022 Kisah Relationship Makin Seru, Cinta Raia dan Ryan Diuji dalam “No Ordinary Love by CMK” Episode Ke- Meta Description CMK resmi menayangkan episode kedua dari mini series “No Ordinary Love” yang menja… Read More read more arrow
Perhiasan Flutter, New Collection Pendant dari Frank & co.
10 August 2022 Perhiasan Flutter, New Collection Pendant dari Frank & co. Flutter Collection dari Frank & co. memiliki new collection pendant yang bisa menyempurnakan penamp… Read More read more arrow