Choose Store

Apa Itu Statement Jewellery dan Apa Saja Ciri-Cirinya?

7 September 2021 |

Ingin mengekspresikan gaya dengan satu saja item perhiasan yang menarik perhatian? Statement jewellery jawabannya.


Pernahkah Anda melihat seseorang dan hal pertama yang jadi fokus perhatian adalah perhiasan berlian atau emas yang dikenakan, lebih dari wajah, gaya rambut, atau pakaiannya? Jika ya, berarti orang tersebut telah sukses mengenakan statement jewellery dalam penampilannya.


Apa Itu Statement Jewellery ?

Statement jewellery adalah perhiasan yang ketika dipakai bisa langsung mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Statement jewellery memungkinkan seseorang mengekspresikan diri dan kepribadian mereka melalui perhiasan berlian asli, emas, atau jenis perhiasan wanita apapun yang memungkinkan.


Statement jewellery bersifat unik dan berani, karena bisa membantu si pemakai ‘menggambarkan’ siapa mereka melalui tampilan luar. Artinya, saat menggunakan statement jewellery , orang lain bisa dengan lebih mudah mengetahui ‘siapa’ Anda sebenarnya, tanpa perlu menjelaskan dengan kata-kata.


Nyatanya, kebiasaan mengenakan perhiasan yang unik dan berani bukanlah hal baru. Peradaban kuno seperti Mesir menggunakan statement jewellery dalam upacara adat, ritual, dan untuk menunjukkan jati diri.



Jenis-Jenis Statement Jewellery

Saat Anda hendak membeli statement jewellery , hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan jenis perhiasan apa yang sudah biasa dikenakan sebelumnya. Hal ini akan membuat pilihan Anda lebih otentik dan asli, serta tidak dibuat-buat. Semua jenis perhiasan seperti anting-anting emas, kalung emas, gelang emas, dan cincin emas bisa jadi statement jewellery . Bahkan, jenis logam selain emas juga bisa memegang peran sebagai statement jewellery .



Statement Necklace

Memilih kalung sebagai statement jewellery bisa dibilang adalah langkah yang paling mudah, karena leher merupakan bagian tubuh yang dapat dipasangkan perhiasan wanita dengan ukuran cukup besar. Cara mudah memilih statement necklace memang dari ukurannya.


Anda bisa menggabungkan chain ukuran normal dengan liontin berbentuk unik yang lebih besar. Atau bisa juga berupa kalung emas model chandelier yang penuh dengan detail cantik. Pilih juga warna yang cerah untuk mendukung statement yang ingin Anda timbulkan.


Kalung dan liontin berlian Sparkly dari Flare Collection, Frank & co.



Model kalung yang unik juga bisa menjadi statement necklace. Sparkly dari koleksi Flare Collection, misalnya, yang hadir berupa liontin berlian beserta chain- nya sekaligus. Sparkly adalah V-shape pendant dengan total 27 butir berlian yang begitu unik karena mampu mempercantik bentuk leher pemakainya.



Statement Earrings

Salah satu tren anting-anting yang sesuai konsep statement jewellery adalah unmatched earrings , yaitu ketika anting-anting kanan dan kiri berbeda, namun merupakan satu kesatuan. Menggunakan unmatched earrings mampu jadi statement keunikan diri Anda. Apalagi jika Anda tidak mau memilih anting-anting dengan model yang memiliki detail ornamen.

Anting Lumine dari Flare Collection, Frank & co.


Seperti Lumine earrings dari Flare Collection Frank & co. yang terinspirasi dari konsep tennis jewellery . Bentuknya berbeda satu sama lain, namun tetap memiliki kesatuan yang kuat. Anting berlian ini dihiasi berlian round shape yang disusun sejajar sehingga mampu mengeluarkan sinar yang cemerlang.


Anting-anting ini bisa Anda dapatkan satu set dengan jenis perhiasan lainnya baik untuk diri sendiri atau sebagai kado ulang tahun untuk orang terdekat dengan melakukan pembelian online . Lihat lebih detail di website atau Instagram @franknco_id .



Statement Bangle/Bracelet

Pada dasarnya konsep memilih gelang emas yang unik dan berani tidak berbeda jauh dengan jenis perhiasan lainnya. Ukuran, detail ornamen dan warna berperan penting. Tapi, jangan sampai statement bangle/bracelet yang Anda pilih mengganggu pergerakan tanganmu sendiri di tengah aktivitas. Pilih bahan-bahan yang cukup ringan, dan untaian ornamen pada bracelet seharusnya tidak terlalu panjang karena dapat tersangkut.


Statement bangle atau bracelet sudah banyak dilirik oleh para fashionista sejak lama. Item ini jadi salah satu statement jeweller y favorit karena pemakaiannya dapat dengan mudah menarik perhatian. Cocok untuk Anda koleksi atau dihadiahkan sebagai kado ulang tahun pada sahabat.


Baca juga : Gelang Bangle, Fashion Item Unik Untuk Tampilan Lebih Menarik

Mule Ring – Cincin Berlian dari Frank & co.


Statement Ring

Selain memakai cincin dengan ukuran besar, bentuk unik, atau warna mencolok, Anda juga bisa menampilkan konsep statement jewellery dengan memakai lebih dari satu cincin pada jari dan tangan. Konsep ini dikenal dengan istilah stacking ring . Pilih satu cincin utama, misalnya cincin berlian yang menarik perhatian ala solitaire ring , dan beberapa cincin pelengkap yang ukuran serta bentuknya lebih kecil dan sederhana.


Memakai statement jewellery memang menyenangkan, tapi berhati-hatilah untuk tidak melakukannya dengan berlebihan. Anda hanya perlu mengenakan satu jenis statement jewellery dalam sebuah kesempatan, supaya orang lain berfokus pada item tersebut. Sedangkan perhiasan wanita lainnya, jadi pelengkap yang serasi.

New Stories

Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow
Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring
24 April 2024 Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring Saatnya kita menelusuri 2 rekomendasi batu permata terbaik untuk couple ring. Apakah Anda punya si … Read More read more arrow
Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow