Choose Store

Agar Berjalan Lancar, Perhatikan 6 List Persiapan Pernikahan Berikut!

23 August 2022 |

Persiapan pernikahan tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada banyak hal yang perlu diurus, tujuannya agar acara pernikahan berjalan lancar. Selain itu, dengan persiapan yang matang, Anda dan pasangan mampu mempersembahkan pernikahan idaman yang tak hanya berkesan bagi kalian, melainkan bagi seluruh tamu undangan.

Checklist Persiapan Pernikahan yang Wajib Diperhatikan

Dalam persiapan pernikahan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari administrasi dan vendor pernikahan, hingga model cincin nikah dan mahar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini!

Waktu dan Lokasi Pernikahan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam persiapan pernikahan adalah memilih waktu dan lokasi. Apabila ingin hemat, Anda bisa mengadakan resepsi pernikahan di rumah saja. Namun, untuk lebih praktisnya, Anda bisa mengadakan resepsi di hotel atau gedung. Selain itu, penting sekali untuk memperhatikan waktu resepsi. Ada baiknya Anda mengadakan resepsi di akhir pekan, di mana hari itu merupakan hari libur kerja.

Daftar Vendor Pernikahan

Jika Anda ingin persiapan pernikahan yang lebih matang lagi, Anda bisa gunakan jasa wedding organizer (WO) yang akan mengurusi semua hal dalam pernikahan Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot menangani masalah vendor baju pernikahan, katering, makeup , dokumentasi, dan dekorasi, sebab semua itu adalah pekerjaan kru WO.

Administrasi Pernikahan

Persiapan pernikahan lain yang paling penting adalah mengurus administrasi. Ini artinya, setiap calon mempelai harus mendaftarkan pernikahan mereka pada lembaga yang bersangkutan. Pasangan muslim yang akan menikah diwajibkan melakukan administrasi di Kantor Urusan Agama, sesuai kecamatan tempat tinggal calon pengantin.

Sementara itu, calon pengantin non-muslim mendaftarkan pernikahannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sesuai dengan alamat masing-masing calon pengantin. Jangan lupa juga menyiapkan berbagai persyaratan penting seperti pas foto, akta kelahiran, dan dokumen penting lainnya.

Mas Kawin

Mas kawin atau mahar juga termasuk checklist persiapan pernikahan yang wajib disiapkan, khususnya oleh calon mempelai pria. Perhiasan yang terbuat dari logam mulia adalah contoh mahar yang lumrah digunakan untuk mas kawin.

Besaran dan nominal mahar untuk mas kawin bergantung dari kesepakatan mempelai dan kesanggupan keduanya. Selain perhiasan yang terbuat dari logam mulia, uang tunai biasanya turut disertakan sebagai mas kawin.

Daftar Tamu

Menyusun daftar tamu merupakan bagian yang cukup merepotkan dalam persiapan pernikahan. Dalam penyusunannya, hal pertama yang dilakukan adalah tentukan jumlah tamu yang akan diundang, lalu tentukan nama-namanya.

Setelah itu, sesuaikan dengan jumlah katering yang dipesan. Di Indonesia, jangan samakan jumlah tamu dengan jumlah porsi catering. Sebaiknya kalikan jumlah tamu dengan katering yang disediakan, untuk menghindari kejadian tamu tidak kebagian jamuan pernikahan.

Memilih Cincin Nikah

Wedding Ring Promo, Frank & co.

Dari semua list persiapan pernikahan, memilih cincin nikah adalah hal yang paling penting. Wedding ring koleksi dari Frank & co. bisa Anda jadikan referensi menarik untuk cincin nikah Anda dan pasangan. Ditambah lagi, ada promo cincin nikah untuk variasi Wedding Ring . Cincin nikah mewah elegan dengan desain minimalis ini dihiasi oleh berlian round berwarna F ( Colorless ), dan tingkat kejernihan VVS ( Very Very Slightly Included ).
#NyatakandenganFrankco untuk Anda dan pasangan, dan dapatkan wedding ring promo ini dengan mengunjungi gerai Frank & co. terdekat di kota Anda. Informasi selengkapnya bisa Anda temukan melalui website resmi #Franknco, atau melalui akun Instagram @franknco_id .

Persiapan pernikahan perlu dilakukan dengan matang. Tak jarang ini membuat Anda dan pasangan kewalahan. Untungnya persiapan ini akan semakin mudah dilakukan dengan kehadiran campaign “Kapan Nikah?” dari PT Central Mega Kencana (CMK).

Mini Series No Ordinary Love

Campaign edukasi seputar persiapan pernikahan ini dikemas dalam bentuk mini series berjudul "No Ordinary Love" yang terdiri dari 3 episode. Kunjungi website " Kapan Nikah? " agar Anda dan pasangan semakin semangat mempersiapkan pernikahan!

New Stories

Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya
17 April 2024 Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya Apa itu statement jewellery? Bagaimana jenis dan ciri-ciri statement jewellery? Ini penjelasannya! Read More read more arrow
4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow