Choose Store

10 Model Cincin Lamaran Terbaru Berhiaskan Berlian yang Dapat Digunakan untuk Sehari-hari

4 February 2023 |

Lamaran selalu identik dengan memberikan cincin kepada pihak perempuan dan secara resmi memintanya menjadi istri. Cincin dalam lamaran melambangkan ikatan dan komitmen dari pasangan kekasih untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Oleh karena itu, pemilihan model cincin lamaran terbaru tidak boleh dilakukan sembarangan.

Makin banyaknya pasangan yang mengadakan prosesi lamaran dan juga tunangan membuat model cincin pun semakin berkembang. Cincin lamaran yang dulunya hanya tersedia dalam model solitaire , kini memiliki berbagai model menarik dan unik.

Perbedaan cincin tunangan dan nikah

Lamaran atau tunangan dulu?

Pasangan yang sudah menjalani hubungan serius dan melangkah ke komitmen baru, biasanya dihadapkan pada suatu tradisi yang dinamakan tunangan atau lamaran. Memangnya kedua acara ini berbeda, ya?

Banyak masyarakat Indonesia saat ini menganggap kalau tunangan sama dengan lamaran, begitu juga sebaliknya. Ada yang mengucapkan atau membuat hiasan " happy engagement day " tanpa tahu kalau keduanya mungkin memiliki makna dan prosesi yang berbeda.

Secara bahasa, keduanya memiliki arti yang terdengar serupa tapi nggak sama. Tunangan atau bertunangan merupakan bersepakat menjadi suami istri, yang biasanya dilakukan di depan orang banyak.

Sedangkan lamar atau melamar merupakan prosesi meminta atau meminang seseorang untuk menjadi pengantinnya. Baik tunangan maupun lamaran, keduanya sama-sama menyematkan cincin di jari manis, kadang juga di jari kedua calon pengantin. Karena persamaan ini, banyak yang mengira kalau tunangan dan lamaran adalah hal yang sama.

Beberapa kalangan menganggap kalau keduanya berbeda dan perbedaannya pun beragam. Sebagian ada yang mengatakan kalau ikatan atau janji dari pertunangan tidak sekuat lamaran, sehingga banyak yang menyarankan untuk melewatkan tunangan dan langsung melamar. Sebab dalam lamaran, ada upacara adat yang harus dituruti serta hantaran penuh makna yang perlu dibawa.

Sedangkan tunangan hanya momentum penyematan cincin di jari manis kiri pasangan di hadapan orang tua kedua belah pihak. Pertunangan ini dianggap sebagai perubahan status hubungan dari pacaran menjadi lebih serius. Namun setelah tunangan ini, perlu dilakukan proses lamaran.

Nah, sebagian orang lain justru menganggap sebaliknya. Dalam masa pra-nikah, kedua pasangan terlebih dahulu melakukan proses lamaran yang berarti pertemuan orangtua kedua belah pihak. Di mana pada momen ini, umumnya orangtua laki-laki akan menanyakan kesiapan perempuan dan calon besan. Setelah melakukan proses lamaran dan mencapai kesepakatan, selanjutnya adalah proses pertunangan. Jalan acaranya pun diselimuti tradisi suatu daerah, penyerahan hantaran dan pemasangan cincin.

Jadi, apa perbedaan tunangan dan lamaran ? Jawabannya ada pada Anda dan pasangan.

Model Cincin Lamaran Terbaru

Tentu Anda sudah memantapkan diri untuk berburu cincin, Anda dapat cek inspirasi model cincin lamaran terbaru yang simpel dan elegan dari Frank & co. berikut.

1. Model round cut

Alegria Ring

Model round cut pasti akan jadi yang pertama muncul di kepala jika membahas tentang cincin lamaran.

Model cincin lamaran simple dan elegan ini memang paling banyak digunakan. Model round cut banyak disukai karena bisa lebih jelas menunjukkan kilau berlian yang dipilih sebagai fokus utama cincin.

2. Model flawless precious stone

Blue Sapphire Ladies Ring

Memilih model cincin lamaran terbaru dan berbeda dari biasanya, siapa takut?

Cincin lamaran model flawless gems disukai karena dihiasi banyak precious stone kecil dengan berbagai warna dan bentuk. Model cincin ini dapat menggambarkan berbagai kejadian manis hingga pahit yang Anda dan pasangan lalui hingga mencapai prosesi lamaran.

Wah, ternyata artinya dalam banget, ya!

3. Model peony

Jika pasangan Anda menyukai model cincin lamaran sederhana, model peony bisa jadi pilihan. Terinspirasi dari keindahan kelopak bunga peony, model ini terlihat sederhana namun tetap anggun dengan sentuhan berlian kecil pada bagian tengah.

Bunga peony memiliki makna cinta dan kebahagiaan, sehingga harapannya memilih model tersebut dapat membawa ke pernikahan yang damai dan penuh cinta.

4. Model emerald cut

Meski modelnya cantik dan elegan, namun model cincin lamaran ini masih jarang digunakan.

Cincin berhiaskan berlian dengan potongan menyerupai persegi panjang dan sangat cantik. Kilau dari berlian akan terlihat kontras Ketika terkena cahaya.

5. Model lotus

Anda tidak menyangka bisa bertemu dan menjalin hubungan serius dengan pasangan? Mungkin Anda dapat memberikan cincin lamaran bermodel lotus untuk pasangan. Bunga lotus atau teratai menggambarkan rasa syukur dan babak hidup baru seseorang.

Memberikan cincin bermodel lotus mengisyaratkan rasa bahagia dan syukur Anda pada pasangan dan harapan agar pernikahan menjadi babak  hidup baru yang penuh berkah.

6. Model pear cut

Model pear cut semakin terkenal, karena semakin banyaknya selebriti dunia seperti Emily Ratajkowski yang memilih model tersebut untuk digunakan sebagai cincin tunangannya.

Cincin dengan berlian berbentuk seperti buah pear atau tetesan air ini banyak dipilih karena modelnya lebih berkilau dari model-model lainnya. Model ini juga membuat jari pemakainya terlihat lebih panjang dan ramping.

7. Model pearl

Pasangan Anda tidak suka menggunakan permata dan berlian di cincin lamarannya? Mutiara bisa jadi solusinya. Mutiara dikenal sejak lama digunakan sebagai perhiasan oleh para putri Persia karena kilauannya yang cantik.

8. Model three stone

Model cincin lamaran terbaru ini cocok dipilih jika Anda menyukai benda-benda simbolik. Model three stone pada cincin lamaran menggambarkan ikatan yang terbentuk antara Anda dan pasangan di masa lalu, masa kini, hingga masa depan.

Makna cincin yang sakral serta terus mendampingi tiap fase hidup ini membuat cincin model three stone banyak dipilih.

9. Model halo

Timeless Collection

Model halo dapat menjadi pilihan cincin lamaran kalau pasangan Anda menyukai model yang mewah.

Tidak hanya menggunakan satu berlian pada bagian tengah cincin, model halo juga menambahkan berlian-berlian kecil di sekitarnya sehingga membuat cincin terlihat lebih besar dan menawan. Model cincin ini dapat secara otomatis menyedot perhatian orang yang berada di sekitarnya.

10. Model eternity

Cincin dengan model eternity dapat diketahui dengan berlian yang ditata memutar sesuai dengan bentuk cincin. Model cincin lamaran simple dan elegan ini banyak disukai karena model klasiknya terkesan timeless .

Itulah 10 model cincin lamaran terbaru beserta rekomendasinya yang dapat Anda persembahkan untuk melamar pasangan. Semoga rekomendasi ini membantu Anda dalam menemukan cincin lamaran yang tepat untuk pasangan Anda. Ingatlah bahwa cincin lamaran adalah simbol cinta yang abadi dan harus dipilih dengan hati-hati.

Brand perhiasan terpercaya di Indonesia, Frank & co. menawarkan koleksi perhiasan berlian eksklusif dengan desain unik serta berkualitas dan cocok untuk tampilan fashion. Desain perhiasan Frank & co. telah dipercaya sejak tahun 1996. Apalagi, setiap perhiasannya dibuat dengan standar internasional dan mendapatkan sertifikat dari G emological Institute of America (GIA).

Frank & co. meluncurkan koleksi Bright Love . Koleksi ini terinspirasi dari sebuah “ spark” yang muncul di awal kisah manis sederhana yang akhirnya menjadi sebuah cinta yang utuh. Bright Love Collection merupakan fashion jewellery dengan round diamond dengan bright cutting berbentuk hati yang memberikan kesan berlian yang lebih besar dan bersinar terbuat dari Heart Shape Diamond .

Tentunya koleksi Bright Love cocok dijadikan salah satu pilihan cincin lamaran jika Anda sedang berburu model cincin lamaran simpel dan elegan. Simak rekomendasi cincin lamaran dari Frank & co. di bawah ini:

Bright Love Ladies Ring

Bright Love Ladies Ring

Perhiasan berlian wanita ini memiliki timeless design dengan rose gold 18 karat. Memiliki satu round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 17 butir F VVS tentunya akan sangat pas menghiasi jari kekasih pujaan. Cincin ini seolah merepresentasikan hati pasangan Anda yang besar penuh cinta dan kasih sayang.


Bright Love V Shaped Ring

Bright Love V Shaped Ring

Cincin berbentuk V ini memiliki desain yang modern dan memberikan kesan manis ketika berada di jari pasangan. Memiliki satu round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 21 butir F VVS yang dapat membuat pasangan Anda melting .

Bright Love Fashion Ring

Bright Love Fashion Ring

Perhiasan model terbaru ini dapat dijadikan cincin lamaran maupun daily fashion item yang dapat menemani hari-hari kekasih Anda. Cincin yang didesain fashionable ini memiliki round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 48 butir F VVS.

Bright Love Trilogy Ring

Bright Love Trilogy Ring

Cincin Bright Love Trilogy tepat untuk menyatakan perasaan Anda, #NyatakanDenganFranknco. Cincin yang didesain mewah dan memberikan kesan berkelas ketika menghiasi jari kekasih Anda ini memiliki 3 buah round diamond dengan bright cutting berbentuk hati dan total diamond 51 butir F VVS.

Jadi tunggu apa lagi? Segera koleksi perhiasan berlian istimewa serta unik ini dan #NyatakandenganFranknco bahwa pasangan Anda berharga dan bersinar bagaikan berlian.

Untuk mendapatkan berbagai macam koleksi Bright Love ataupun koleksi cincin lamaran terbaru berhiaskan berlian seperti di atas Anda dapat mengunjungi gerai-gerai resmi Frank & co.  Anda juga dapat mengunjungi halaman website Frank & co. dan follow Instagram @franknco_id untuk informasi terbaru.

New Stories

Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya
17 April 2024 Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya Apa itu statement jewellery? Bagaimana jenis dan ciri-ciri statement jewellery? Ini penjelasannya! Read More read more arrow
4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow