Choose Store

Liontin, Bagian Penting dalam Perhiasan Sejak Dahulu Kala

30 March 2021 |

Kalung dan liontin adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Liontin merupakan daya tarik dari perhiasan wanita berupa kalung emas, baik itu terbuat dari emas juga, berlian, mutiara dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda asal-usul kalung dan liontin itu sendiri? Mengenai sejarah awal mula dipakai manusia dan perkembangannya hingga saat ini?

Sejarah Kalung dan Liontin

Dahulu kala, manusia kuno menggunakan bahan-bahan alami seperti kerang, gigi ataupun tulang belulang untuk membuat kalung. Konsep kalung sejak dulu adalah memberi hiasan pada leher sehingga terlihat hingga ke bagian dada. Selain bahan-bahan alami tadi, saat itu dikenal juga kalung ala Celtic Kuno yang terbuat dari logam dengan bentuk bengkok menyerupai bulan sabit yang ditemukan di Skotlandia dan Irlandia sekitar 1800-1500 SM.

Sejak 700 SM, manusia mulai menggunakan emas sebagai alat tukar. Para pedagang Lydian di masa itu juga membuat koin-koin dengan kandungan emas sebanyak 63% dan perak 27%. Awalnya koin emas ini digunakan sebagai mata uang untuk melakukan transaksi. Lama kelamaan, karena bentuknya yang indah dan bersinar, emas mulai dipakai untuk membuat perhiasan termasuk kalung dengan berbagai bentuk liontin.

Saat itu, status sosial seseorang akan dikatakan lebih tinggi jika memakai berbagai benda atau perhiasan wanita yang memiliki nilai estetika. Karena ketertarikan akan estetika inilah penggunaan perhiasan emas semakin meluas dan diminati. Emas tidak hanya dipakai di momen-momen tertentu yang penting, namun juga mulai dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Beragam Bentuk Liontin Saat Ini

Jika zaman dulu banyak yang menggunakan kalung emas dengan hiasan liontin dari batu dan logam, kini ragam liontin yang kita kenal semakin variatif. Sebut saja berlian, mutiara, kristal, maupun batu mulia yang semakin banyak jenisnya. Semuanya memiliki keindahan tersendiri yang dapat menunjang penampilan siapapun yang memakainya.

Kalung emas dengan liontin emas misalnya, kini memiliki banyak variasi model, mulai dari bentuk hati yang populer sejak lama, simbol-simbol keagamaan yang mampu memperkuat karakter religi seseorang, hingga bentuk kontemporer yang modern seperti huruf inisial nama.

Sedangkan liontin dari berlian biasanya lebih sederhana, sesuai dengan potongan berlian itu sendiri yang menjadi hiasan tunggal sebuah kalung emas. Bisa juga dimodifikasi dengan bentuk tertentu yang ditutupi dengan berlian pada semua bagiannya. Dengan begitu, jumlah berlian yang ada dalam satu liontin lebih banyak dan mampu memberi kesan mewah dengan lebih kuat.

Liontin Emas Berhias Berlian

Nah, bagaimana dengan liontin yang menggabungkan kedua unsur di atas, yaitu emas yang dibentuk dan dihiasi berlian yang bersinar? Jika Anda tengah mencari liontin dengan jenis seperti ini, pilihan yang tepat jatuh kepada koleksi The Love Box dari Frank & co. berikut ini.

Berbahan dasar warna rose gold, Frank & co. mengeluarkan koleksi terbarunya yang bisa jadi pilihan tepat menemani momen hari kasih sayang di bulan Februari ini. Baik untuk Anda koleksi sendiri atau persembahkan sebagai hadiah unik bagi orang terdekat. The Love Box merupakan liontin yang memiliki desain rumit dan tidak biasa. Keunikan ini membuat The Love Box sempurna untuk jadi koleksi atau hadiah unik dan lain dari yang lain. Hadir dalam tiga model yang namanya terinspirasi dari filosofi Yunani Kuno tentang berbagai makna cinta.

Agathea dari cinta Agape yang berarti cinta tanpa syarat. Berbentuk kubus dan ornamen bentuk hati. Berbahan dasar emas merah muda atau rose gold dan berlian dengan berat 2.70 gr dan 0.030 ct seharga Rp 5,499,000. Phrea dari cinta Pragma yang berarti cinta abadi, berbentuk persegi panjang yang tiap sisinya diukir kata LOVE, dengan satu berlian cantik mengganti huruf O di salah satu sisi. Masih dari rose gold dan berlian, beratnya mencapai 2.46 gr dan 0.056 ct, dibanderol dengan harga Rp 5,699,999. Sedangkan koleksi ketiga atau terakhir diberi nama Ludia dari cinta ludus yang menyenangkan, berbentuk kubus persegi yang bagian dalamnya dapat bergerak. Dibuat dari 1.76 gr rose gold dan berlian 0.083 ct. Liontin satu ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 5,699,000. Perkembangan dunia perhiasan emas bergerak dengan sangat dinamis, trennya berputar dan bertambah terus menerus. Jangan sampai Anda melewatkan hadirnya koleksi unik termasuk dalam hal liontin yang akan dicatat dalam sejarah.

TAGS

New Stories

Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya
17 April 2024 Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya Apa itu statement jewellery? Bagaimana jenis dan ciri-ciri statement jewellery? Ini penjelasannya! Read More read more arrow
4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow