Choose Store
29 July 2021

Tips Memilih Perhiasan Emas untuk Si Kecil

Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memakaikan anting-anting, kalung, maupun gelang emas pada si kecil.

Misalnya, saat masih bayi, memakaikan anting-anting kepada si kecil adalah pilihan orang tua, begitu juga saat Anda ingin menambah aksesori berupa kalung atau gelang pada anak-anak di kemudian hari. Ada yang memilih untuk tidak menindik dan memakaikan anting-anting hingga anak dapat memutuskan sendiri saat telah dewasa. Banyak juga yang memilih langsung menindik telinga anak sesaat setelah lahir dan memakaikannya anting-anting.

Pilihan untuk memakaikan perhiasan pada anak-anak adalah sesuatu yang tidak perlu diperdebatkan. Namun, jika Anda termasuk orang tua yang akan memakaikan perhiasan emas di tubuh anak, khususnya bayi yang baru lahir, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Karena tentu saja tidak ada orang tua yang ingin hal buruk pada anaknya. Apa lagi soal memakaikan perhiasan emas pada anak, tentu saja harapannya si kecil terlihat lucu dan menggemaskan dengan anting emas yang dikenakan.

Jika perhiasan emas yang dipilih adalah kalung atau gelang, Anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek berikut ini, untuk membuat anak tetap nyaman dan terjaga keamanannya. Bagaimanapun, perhiasan memiliki nilai ekonomi yang relatif tinggi sehingga rentan memicu kejahatan jika digunakan dengan kurang tepat.

Berikut ini adalah tips memakaikan anting emas maupun perhiasan lainnya pada anak.


Pilih Bahan yang Aman untuk Kulit Anak

Anak-anak cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilih bahan anting-anting maupun perhiasan lainnya untuk digunakan. Pilihlah bahan yang tidak menimbulkan reaksi alergi, seperti emas minimal 15 karat, platinum, perak, atau stainless steel berkualitas tinggi. Bahan perhiasan yang paling umum keamanannya tentu saja emas. Idealnya, anak-anak bahkan bayi tidak memperlihatkan reaksi alergi saat dipakaikan anting-anting maupun kalung emas, namun, jika hal ini tetap terjadi, sebaiknya Anda menunda memakaikan perhiasan emas pada anak dan berkonsultasi dengan dokter.

Pilih Model Anting Emas yang Tepat

Khusus untuk anting-anting, pilihlah model yang tidak memiliki ujung tajam seperti bentuk bintang, karena dapat menusuk kulit telinga saat bayi tidur menyamping. Model anting-anting emas yang menjuntai ke bawah juga sebaiknya dihindari untuk anak-anak karena dapat tersangkut dan membahayakan.

Perhatikan juga ukuran anting-anting, jangan terlalu kecil karena mudah terlepas sewaktu-waktu saat orang tua sedang tidak memperhatikan. Di sisi lain, anting-anting yang kebesaran juga bisa mengganggu, jadi pilihlah ukuran yang sesuai dengan lebar telinga bayi. Terakhir, pilihlah pengait anting-anting emas yang hanya perlu disatukan ujung-ujungnya. Model anting-anting stud masih aman selama bagian belakangnya punya model tertutup yang tidak berisiko menusuk bagian belakang telinga bayi.

Pastikan model anting-anting aman untuk si kecil.

Pilih Tempat Tindik Telinga yang Terjamin

Masih tips seputar memakaikan anting-anting pada anak. Terlepas dari bahan dan model anting-anting, unsur penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah di mana bayi akan ditindik. Karena memilih jasa tindik sembarangan dapat berdampak fatal seperti infeksi maupun bayi kesakitan karena terluka. Idealnya, Anda dapat meminta bayi ditindik tidak lama setelah dilahirkan, di rumah sakit oleh bidan maupun tenaga kesehatan berpengalaman, dan dengan alat khusus, terjamin serta steril.

Toko emas terdekat juga biasanya menyediakan jasa tindik telinga, namun tidak disarankan untuk bayi dan lebih aman untuk orang dewasa.


Hindari Pemakaian Perhiasan yang Berlebihan pada Anak-anak

Seperti yang telah disebutkan di atas, perhiasan adalah suatu benda dengan nilai ekonomi yang tinggi, sehingga mampu memicu kejahatan seperti perampasan. Memakaikan model anting emas ya ng mungil masih dapat dikatakan normal, namun Anda perlu menghindari pemakaian banyak perhiasaan secara bersamaan pada anak-anak, khususnya saat mereka beraktivitas di tempat umum. Gunakanlah kalung emas yang cantik pada anak Anda saat menghadiri acara resmi yang waktunya relatif singkat dan segera lepas serta simpan perhiasan yang dipakai anak setelahnya.

Koleksi Moiselle dari Frank & co.

Rekomendasi Perhiasan Emas untuk Anak-Anak

Rumah perhiasan Frank & co. tempat pecinta perhiasan mendapatkan cincin tunangan, cincin kawin, hadiah ulang tahun dan berbagai momen istimewa di hidup Anda, menyediakan tidak hanya perhiasan emas untuk orang dewasa, namun juga beberapa model yang cocok untuk dipakai anak-anak. Kunjungi toko emas terdekat secara langsung, atau melalui situs resmi untuk berbelanja dengan lebih aman dari rumah. Harga anting emas maupun perhiasan lainnya untuk anak-anak yang ditawarkan juga cukup bervariasi dan dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Koleksi Moiselle dari Frank & co.

Salah satu koleksi perhiasan anak yang menjadi favorit banyak pelanggan Frank & co., adalah kalung dengan liontin berbentuk binatang yang lucu dari koleksi Moiselle. Liontin kalung ini bisa dipilih sebagai hadiah ulang tahun untuk anak Anda. Sama halnya dengan harga anting emas yang bervariasi, kalung emas anak-anak juga bisa Anda dapatkan dalam berbagai harga mulai dari Rp 3.999.000 untuk liontin dengan berlian seberat 0,2 carat.

Anda dapat mencari perhiasan emas untuk anak-anak di toko perhiasan Frank & co. dan bisa juga Anda lihat koleksinya melalui website www.frankncojewellery.com maupun Instagram @ franknco_i d.

New Stories

Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda
15 September 2021 Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda Apa arti inisial nama Anda? Cari tahu sebelum memilih kalung nama emas yang sesuai. Read More read more arrow
Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat
15 September 2021 Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat Berikan makna lebih ke kado spesial untuk sahabat. Pilih perhiasan yang bisa memberikan semangat. Read More read more arrow
Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya
15 September 2021 Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Read More read more arrow