Choose Store

Pentingnya Nyatakan Rasa Maaf Ke Pasangan, Ciptakan Hubungan yang Sehat

6 July 2021 |

Meminta maaf bukan semata diperlukan untuk orang lain yang merasa tersakiti, tapi juga untuk membuat diri kita sendiri jadi lebih tenang dan mampu melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang kesalahan yang belum terselesaikan.

Apapun permasalahannya, meminta maaf bisa jadi solusi positif. Para peneliti dan psikolog juga telah menunjukkan beberapa alasan penting mengapa meminta maaf diperlukan ketika sebuah kesalahan dilakukan. Meminta maaf bisa jadi tanda bahwa Anda mengerti adanya aturan yang harus dilakukan dan sebagai bukti bahwa Anda mengerti jika menyakiti seseorang tidak boleh dilakukan.

Permintaan maaf yang tulus mampu memperbaiki hubungan yang rusak, membuat dua orang yang sebelumnya saling tak bicara kembali jadi sahabat. Meminta maaf adalah bukti Anda tidak merasa bangga telah menyakiti atau merugikan orang lain dan menjadi suatu komitmen untuk tidak mengulanginya lagi.

Manfaat Meminta Maaf

Khususnya dalam hubungan romantis, konflik yang terus menerus terjadi dan berlarut bisa jadi sumber stres bagi pasangan yang terlibat di dalamnya. Stres yang dialami seseorang juga bukannya tidak memiliki efek kerusakan mental yang serius. Anda mungkin pernah mendengar istilah toxic relationship, yaitu ketika masalah dalam suatu hubungan membuat seseorang mengalami mental breakdown .

Dengan meminta maaf, tentu saja tiap permasalahan tidak akan langsung beres, namun hal ini bisa jadi pertanda baik bahwa hubungan Anda mungkin dapat mulai diperbaiki dan kesehatan mental Anda dapat dipulihkan. Dengan catatan, mereka yang meminta maaf juga berkomitmen untuk berubah ke arah yang lebih baik, dan di saat bersamaan, pihak yang dirugikan juga bersedia membantu proses tersebut.

Mengapa Meminta Maaf Itu Sulit?

Nyatanya, meski memiliki banyak manfaat positif, meminta maaf tidak semudah yang digambarkan. Bagi sebagian orang, permintaan maaf sering kali terasa seperti pengakuan bahwa mereka tidak cukup baik. Alih-alih membuat kesalahan yang wajar dilakukan manusia, mereka justru takut merasa ada yang salah dengan diri mereka.

Dalam hubungan, misalnya, ada yang menganggap bahwa melakukan permintaan maaf lebih dulu setelah pertengkaran sebagai tanda pengakuan bersalah dan bertanggung jawab atas keseluruhan konflik yang ada. Padahal memang biasanya konflik terjadi karena benturan dari kedua belah pihak, dan meminta maaf lebih dulu menimbulkan kekhawatiran bahwa orang lain yang terlibat dalam pertengkaran tersebut merasa bahwa dirinya tidak melakukan kesalahan apapun.
Namun, di sisi lain, meminta maaf dengan tulus, tidak peduli siapa yang salah atau siapa yang memulai pertengkaran duluan, dapat membuat konflik segera terselesaikan, bahkan membuat pihak lain lebih menyesal atas apa yang telah terjadi.

Cara Meminta Maaf yang Unik

Satu hal yang perlu dipahami adalah meski satu masalah, misalnya, terang-terangan disebabkan oleh pasangan Anda, meminta maaf lebih dulu tetap baik dan bijaksana. Setidaknya karena dalam pertengkaran, kemungkinan besar Anda pun telah menyakiti pasangan Anda baik secara sadar atau tidak, melalui respon yang Anda berikan di tengah pertengkaran.

Jika meminta maaf secara langsung terasa sulit, Anda dapat mencoba cara lain seperti mencari ide hadiah unik untuk diberikan saat meminta maaf. Ide hadiah unik bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet. Mulai dari memberi benda-benda yang menarik pagi pasangan Anda seperti cincin berlian wanita yang cantik, menyanyikan lagu cinta kesukaan pasangan Anda, atau bahkan memberi keduanya.

Permintaan maaf bisa dilakukan dengan memberi hadiah unik seperti anting dan pendant cantik dari Dew Light Collection ini.

Nyatakan Rasa Sesal dalam Tantangan Nyatakan Dengan Frank & co.

Ingin menyatakan rasa sesal dengan cara yang unik? Kenapa Anda tidak ikutan Tantangan Nyatakan dengan Frank & co.? C aranya cukup mudah. Ada 2 kategori tantangan yang bisa Anda ikuti, pertama, Anda hanya perlu membuat cover lagu “Cintanya Aku” dari Arsy Widianto dan Tiara Andini. Ekspresikan diri Anda dengan versi terbaik dari Anda sendiri lewat lagu ini dalam bentuk video sehingga ‘rasa’ Anda tersampaikan ke orang tersayang. Sebelum mulai menyanyikan lagu, pada intro, Anda harus mengatakan: “Hi, Aku (nama Anda), aku mau menyatakan perasaanku untuk (nama pasangan/teman/sahabat), dengan menyanyikan lagu Cintanya Aku.” Kemudian upload video cover Anda tersebut ke Instagram feed Anda dengan menyertakan hashtag #NyatakanDenganFrankNCo dan #CoverCintanyaAku di caption, dan mention akun orang yang kamu tuju, @franknco_id dan @indomusikgram. Anda wajib follow akun @franknco_id dan @indomusikgram dan pastikan akun Instagram Anda tidak di- private .

Alegria ring

Tantangan kedua adalah #DuetCintanyaAku, yakni duet langsung lewat aplikasi TikTok di akun @Indomutiktok atau download videonya di https://bit.ly/nyatakandenganfranknco . Sama dengan tantangan cover lagu, sebelum mulai menyanyikan lagu, pada intro, Anda harus mengatakan: “Hi, Aku (nama Anda), aku mau menyatakan perasaanku untuk (nama pasangan/teman/sahabat), dengan menyanyikan lagu Cintanya Aku.” Download videonya dari TikTok Anda dan upload videonya ke Instagram feed Anda dengan menyertakan tagar #NyatakanDenganFrankNCo dan #DuetCintanyaAku di caption dan mention @franknco_id dan @indomusikgram. Anda wajib follow akun @franknco_id dan @indomusikgram dan pastikan akun Instagram Anda tidak di- private .

Oh iya, sesungguhnya tantangan ini tidak hanya untuk pasangan, namun juga bisa ditujukan pada orang tua, anak, saudara, keluarga, sahabat, guru, idola, dan siapapun yang berharga dalam hidup Anda. Pernyataan rasa cinta, menyesal dan terima kasih yang tulus tentunya layak diungkapkan ke siapa pun.


Dapatkan Cincin Berlian Alegria & Total 15 Juta Rupiah

Tantangan Nyatakan Dengan Frank & co. ini akan memberikan hadiah yang tidak main-main untuk 15 pemenang, yaitu 5 buah Alegria Diamond Ring dari Frank & co. serta hadiah dengan total 15 juta. Alegria adalah cincin berlian wanita ikonik yang klasik dan timeless dari Frank & co. yang bisa jadi cincin lamaran, sebagai ide hadiah unik atau hadiah ulang tahun untuk dipersembahkan kepada orang terdekat di momen ulang tahunnya, maupun diberikan sebagai cincin kawin berlian untuk pasangan hidup Anda. Partisipasi dan pernyataan cinta Anda dalam Nyatakan Dengan Frank & co. ditunggu hingga 15 Agustus 2021. Semoga beruntung!

New Stories

Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya
17 April 2024 Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya Apa itu statement jewellery? Bagaimana jenis dan ciri-ciri statement jewellery? Ini penjelasannya! Read More read more arrow
4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow