Choose Store

Alasan Kenapa Seserahan pada Lamaran Pernikahan Penting Dilakukan

5 July 2021 |

Ada banyak proses yang harus dilalui oleh pasangan bersama keluarganya masing-masing sebelum resmi memasuki dunia pernikahan. Salah satu prosesi tersebut adalah lamaran dan hadiah seserahan pernikahan.


Dalam lamaran, kedua belah pihak keluarga bertemu untuk berkenalan, membicarakan rencana pernikahan, dan memutuskan banyak hal penting lainnya terkait hari H pernikahan. Karena, memang seperti yang sudah banyak disadari masyarakat, terutama di Indonesia, menikah bukan hanya soal dua orang kekasih, namun juga soal dua keluarga yang menyatu.


Seserahan tidak bisa dilepaskan dari pernikahan di Indonesia.


Seserahan Memiliki Sisi Baik dan Bermanfaat

Dalam lamaran pernikahan, Anda mungkin telah mengenal adanya konsep seserahan. Seserahan adalah istilah untuk berbagai jenis barang dari calon dan keluarga mempelai laki-laki, yang diberikan kepada calon mempelai perempuan. Sama halnya dengan lamaran yang tidak wajib, seserahan juga bukanlah satu keharusan, baik secara agama maupun hukum.


Namun, bukan berarti lamaran dan seserahan juga dilarang. Keduanya sangat diperbolehkan, dengan catatan, dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing pasangan beserta keluarganya.


Di sisi lain, sebenarnya ada beberapa alasan baik yang membuat keberadaan seserahan lamaran menjadi sesuatu yang penting dilakukan. Di antaranya adalah berikut ini.

1. Merupakan Bentuk Perhatian

Seserahan lamaran umumnya berisi sesuatu yang dibutuhkan oleh pihak calon mempelai perempuan maupun keluarganya. Dengan memberikan apa yang dibutuhkan, artinya seorang calon mempelai sedang memperlihatkan bahwa dirinya peduli dan memperhatikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasangannya, bahkan sebelum pernikahan.


2. Bentuk Tanggung Jawab

Sebelum cincin pernikahan atau cincin kawin emas disematkan di jari manis, atau sebelum hubungan perkawinan sah di mata agama dan hukum, memberikan seserahan lamaran juga bisa jadi simbol bahwa calon kepala keluarga memiliki niat baik untuk bertanggung jawab pada pasangannya. Di kehidupan pernikahan yang sesungguhnya, tanggung jawab yang dibutuhkan tidak hanya mencakup kebutuhan fisik, namun juga mental. Namun, dalam hal ini, seserahan jadi simbol kebutuhan fisik/jasmani.


3. Mendukung Keluarga Pihak Perempuan

Di sebagian budaya suku Indonesia, keluarga pihak perempuan biasanya mengambil peran yang lebih besar dalam menyelenggarakan prosesi pernikahan. Baik dalam hal ekonomi juga keterlibatan langsung. Melalui seserahan lamaran, pihak calon mempelai lelaki dapat dikatakan membantu dan terlibat dalam memenuhi kebutuhan pernikahan tersebut. Misalnya, dengan memberi seserahan berupa perhiasan emas wanita yang dapat dipakai di hari H pernikahan nantinya, seperti kalung emas, anting emas, gelang emas, atau satu set perhiasan berlian.


4. Isi Seserahan Dapat Dipakai Saat Hari H

Selain perhiasan emas wanita, isi seserahan lainnya yang dapat dipakai kembali saat hari H adalah pelengkap penampilan seperti parfum, sepatu, hiasan rambut, hingga skincare dan makeup . Berbeda dengan seserahan berisi perhiasan wanita yang sifatnya opsional, cincin pernikahan bisa dikatakan wajib. Persamaannya, cincin pernikahan yang dimaksud, juga bisa digunakan sebelumnya sebagai cincin tunangan/lamaran.


Tennis bracelet dan Peony ring dari Frank and co.

Sama halnya dengan cincin berlian wanita dalam pertunangan maupun pernikahan, seserahan merupakan syarat tak wajib yang memiliki sejumlah manfaat dalam prosesi menuju pernikahan. Jika Anda mempertimbangkan perhiasan wanita sebagai salah satu isi seserahan lamaran, Anda dapat menghemat waktu serta tenaga dengan membelinya di toko yang sama dengan tempat Anda mendapatkan cincin berlian wanita untuk tunangan.


Perhiasan Wanita sebagai Seserahan

Anda dapat memilih cincin berlian wanita atau cincin kawin emas, sepasang anting berlian, dan perhiasan lainnya sesuai kebutuhan di Frank & co. baik secara offline dengan cara mengunjungi toko secara langsung maupun dengan mengakses halaman resmi https://www.frankncojewellery.com/ .

Alegria dan Glisten ring dari Frank and co. yang bisa jadi seserahan cantik dan bermakna.


Seserahan lamaran bukan ajang untuk memperlihatkan kemampuan ekonomi seseorang atau sebuah keluarga, namun tentang niat baik, kerjasama dan kesepakatan dua pasangan beserta keluarganya yang akan dipersatukan dalam pernikahan.

New Stories

Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya
17 April 2024 Statement Jewellery, Begini Ciri dan Jenisnya Apa itu statement jewellery? Bagaimana jenis dan ciri-ciri statement jewellery? Ini penjelasannya! Read More read more arrow
4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna
16 April 2024 4 Tren Promise Ring di Tahun 2024, Desain Kekinian Sarat Akan Makna Tren promise ring 2024 ini diprediksi akan mendominasi. Mulai dari colored gemstone sampai desain y… Read More read more arrow
8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda?
15 April 2024 8 Diamond Setting yang Paling Populer, Mana Pilihan Anda? Apa saja diamond setting paling populer? Setidaknya ada 8 setting berlian paling populer yang perlu… Read More read more arrow