Choose Store

7 Fakta Unik Friendship Menurut Sains yang Mungkin Belum Anda Ketahui

29 June 2021 |

Persahabatan memiliki makna yang berbeda bagi setiap orang. Kita semua punya definisi dari kata sahabat itu sendiri. Apa kata dunia sains tentang persahabatan?

Tahukah Anda Jika persahabatan punya akar kuat yang dapat dijelaskan oleh sains? Ada banyak penelitian tentang bagaimana dan mengapa seorang manusia berteman atau bersahabat, dan hasilnya memiliki kecenderungan alasan ilmiah.

Dalam artikel ini, Anda akan disuguhkan dengan tujuh fakta ilmiah mengenai persahabatan. Jadi, konsep yang satu ini ternyata tidak hanya dipicu kebutuhan emosional atau mental semata, namun juga erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan yang valid.

1.Ada kriteria ilmiah untuk persahabatan

Apa perbedaan sahabat dan kenalan, menurut Anda? Jika Anda mampu membedakannya berdasarkan kondisi perasaan yang Anda miliki, sains juga punya jawabannya. Ilmuwan dan psikolog menggambarkan persahabatan sebagai hubungan yang melibatkan ikatan pengorbanan dan momen kebersamaan yang bertahan lama.

2.Persahabatan adalah salah satu hal pertama yang kita pelajari

Pada Januari 2014, Journal of Experimental Psychology melaporkan penelitian yang menunjukkan bahwa bayi berusia sembilan bulan menyadari bahwa teman cenderung memiliki minat yang sama. Bahkan sebelum dapat berbicara, bayi telah memiliki minat bersosialisasi. Bayi memperhatikan hubungan orang lain, mereka melihat dua orang asing berinteraksi dan membuat kesimpulan tentang apakah kedua orang tersebut kemungkinan berteman.

3.Hewan juga bisa berteman

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa hewan dapat memiliki persahabatan seumur hidup dengan hewan lain, bahkan jika mereka tidak berasal dari spesies yang sama. Persahabatan menawarkan sejumlah manfaat, termasuk mengurangi stress dan meningkatkan kesehatan, baik pada manusia maupun binatang.

4.Sahabat mengeluarkan sisi terbaik dalam diri kita

Pada tahun 2013, penelitian di University of California, San Diego menemukan bahwa orang terlihat lebih menarik dalam kelompok daripada secara individu, atau yang lebih dikenal sebagai efek ‘cheerleader’.


5.Ada alasan mengapa persahabatan masa kecil berakhir

Ada teman-teman dari sekolah dasar yang kemudian jadi sahabat terbaik seumur hidup Anda. Tapi kebanyakan dari mereka biasanya telah sama sekali tidak pernah Anda temui saat ini. studi jangka panjang oleh Florida Atlantic University menunjukkan bahwa persahabatan masa kecil hampir selalu hancur karena perbedaan. Perbedaan menyebabkan konflik yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Sedangkan pada persahabatan di usia yang lebih dewasa, perbedaan cenderung bukan jadi hal yang penting untuk jadi alasan mengakhiri persahabatan.

6.Manusia modern punya lebih banyak teman dari sebelumnya

Antropolog Robin Dunbar pernah melakukan penelitian dan mengatakan bahwa batas manusia memiliki sahabat adalah sekitar 150 orang. Namun, Dunbar kemudian beralasan bahwa munculnya jejaring sosial seperti Facebook mungkin telah meningkatkan batas atau kapasitas memori manusia akan jumlah sahabat dalam hidupnya.

7.Cinta menghilangkan sahabat

Dunbar juga mempelajari pengaruh cinta terhadap persahabatan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa ketika Anda mendapatkan pasangan romantis baru, Anda mungkin kehilangan dua teman dekat Anda. Ada alasan akan kondisi ini, yaitu karena Anda perlu memberikan waktu relatif lebih banyak bersama pasangan yang menuntut Anda mengurangi intensitas bersama sahabat.

Mungkin Anda perlu menghindari terjadi poin ke-7. Mengusahakan hubungan yang sukses dengan pasangan tentu saja bisa dilakukan bersamaan dengan menjalin persahabatan dengan orang terdekat. Hal-hal sederhana seperti memberi hadiah ulang tahun yang bermakna pada sahabat bisa Anda lakukan dengan mudah. Pilihlah hadiah ulang tahun yang sesuai dengan karakter sahabat Anda.

Misalnya, jika mereka suka tampil menarik, perhiasan wanita seperti gelang berlian bisa jadi pilihan. Gelang berlian mungkin terdengar mewah, namun untuk seseorang yang sangat berarti di hidup Anda seperti sahabat, perhiasan wanita yang satu ini tentu pantas untuk mereka terima. Precious stone bangles dari Frank and co. ini bisa jadi pilihan simple namun elegan.

Liontin huruf Frank & co. ME Collection dan Truly necklace dari Frank and co.

Berbagai model gelang emas juga akan jadi hadiah yang sangat berkesan. Model gelang emas saat ini tersedia dalam begitu banyak pilihan, Anda hanya perlu menentukan mana yang paling cocok dengan kepribadian sahabat Anda. Liontin kecil yang cantik seperti pada kalung emas huruf inisial dari Frank & co. ME Collection bisa jadi pilihan kado ulang tahun untuknya.

Love Box Collection, liontin cantik yang bisa jadi hadiah tepat untuk sahabat.


Anda dapat memilih berbagai gelang sesuai keinginan di halaman resmi https://www.frankncojewellery.com/en/ maupun dengan cara mengunjungi langsung toko Frank & co. yang terletak di berbagai lokasi untuk memilih gelang emas maupun gelang berlian untuk sahabat Anda. Seperti koleksi Precious Stone yang menonjolkan sebuah batu permata ruby berwarna merah. Mewah, elegan dan mampu menyampaikan makna cinta pada persahabatan Anda.

New Stories

Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow
Serba-serbi Oval Cut, Pancaran Kilau yang Elegan di Setiap Perhiasan
22 April 2024 Serba-serbi Oval Cut, Pancaran Kilau yang Elegan di Setiap Perhiasan Apa itu oval cut? Mengapa Anda harus memilih permata potongan oval cut? Selengkapnya, simak informa… Read More read more arrow
Mengapa Cincin Berlian Solitaire Sangat Populer? Ini Alasannya!
21 April 2024 Mengapa Cincin Berlian Solitaire Sangat Populer? Ini Alasannya! Cincin berlian solitaire memang sederhana, tapi popularitasnya tak lekang oleh waktu. Yuk temukan a… Read More read more arrow